Dua Desa Percontohan Kampung KB Nasional

Jumat 18-06-2021,09:33 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Rejang Lebong, menyebut bahwa dua Desa di Kabupaten Rejang Lebong menjadi kampung Keluarga Berencana (KB) percontohan Nasional.

Kepala DP3APPKB Kabupaten Rejang Lebong, Rosita M SH mengatakan bahwa dua kampung KB percontohan tersebut yakni Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang dan Desa Transad Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR).

"Awal berdiri, Air Merah menjadi percontohan program KB. Namun berdasarkan evaluasi dan penilaian yang dilakukan, saat ini dua desa yang menjadi percontohan yakni Karang Jaya dan Transad," ujarnya kepada wartawan, Kamis (17/6).

Menurut Rosita, dipilihnya dua desa tersebut menjadi kampung KB percontohan karena kesadaran masyarakat setempat untuk mengikuti program KB cukup tinggi. Dimana program KB ini selain untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk juga untuk menciptakan keluarga kecil yang sehat dan sejahtera.

"Selain itu, Karang Jaya juga menjadi menjadi Pusat DATAKU," sampainya.

Sementara itu, Rosita mengungkapkan bahwa saat ini di Kabupaten Rejang Lebong telah berdiri 26 Kampung KB yang berada di Desa dan Kelurahan tersebar dalam 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana pembentukan Kampung KB tersebut sudah dilaksanakan sejak 2017. Secara kelembagaan, kata Rosita bahwa Kampung KB terdiri dari beberapa kelompok kerja atau Pokja sesuai dengan 8 fungsi keluarga, yakni fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan.

"Tentu dalam Pokja-Pokja ini ada fungsi-fungsinya tersendiri. Dimana pembentukan Kampung KB tujuannya ikut mensukseskan program pengendalian penduduk yang digencarkan pemerintah, sehingga bisa membentuk keluarga kecil dan berkualitas. Di sisi lain, berkat upaya pengelolaan kampung KB Kabupaten Rejang Lebong menerima penghargaan dari BKKBN pusat," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait