GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah, Minta Pam Swakarsa Kembali Diaktifkan

Selasa 06-07-2021,09:45 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Jajaran Pengurus GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Rejang Lebong. Senin (5/7) melakukan silaturahmi dengan Polres Rejang Lebong. Hal ini guna memberikan dukungan moril kepada Polres Rejang Lebong dalam menegakkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Dalam kesempatan tersebut juga, salah satu pengurus GP Ansor Bulkis bahwa pihaknya bersama Pemuda Muhamadiyah juga meminta agar kembali diaktifkannya Pam Swakarsa di jalan lintas Curup - Lubuklinggau. Hal ini menyikapi kasus pembegalan terhadap ambulance PSC 119 Kabupaten Rejang Lebong yang terjadi di Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang pada Sabtu (5/7) dini hari.

"Dalam silaturahmi dengan Polres Rejang Lebong, ada satu hal yang kita sampaikan. Salah satunya kita minta agar Pam Swakarsa untuk kembali diaktifkan khususnya di dalam wilayah Lembak. Dimana peran Pam Swakarsa guna membantu Polres Rejang Lebong dalam melakukan pengamanan jalan lintas Curup - Lubuklinggau," ujarnya.

Menurut Bulkis, peran Pam Swakarsa beberapa waktu lalu terbukti juga dapat meminimalisir kejadian tindak pidana kejahatan. Namun belakangan, Pam Swakarsa juga tidak lagi diberdayakan.

"Masyarakat tentu terbantu dengan adanya Pam Swakarsa, begitupun dengan pihak kepolisian. Oleh karena itu, bagaimana ini untuk kembali diaktifkan," sampainya.

Namun tegas Bulkis, bahwa menyangkut masalah keamanan sebenarnya bukan hanya tanggungjawab pihak Kepolisian. Tetapi tanggungjawab bersama termasuk masyarakat terutama dalam desa atau kelurahan masing-masing.

"Semua bertanggung termasuk kami. Oleh karena itu, bagaimana kedepan kami juga berusaha mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas minimal ditempat tinggal masing-masing," katanya.

Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno SIK MH melalui Kabag Ops AKP Margopo SH yang menyambut langsung kedatangan GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah. Tentu pihaknya berterimakasih atas dukungan moril yang disampaikan, tentu ini menjadi kekuatan kami.

"Kemudian terkait pengaktifan Pam Swakarsa, tentu akan kami sampaikan kepada pimpinan kami yakni Kapolres. Selanjutnya mungkin nanti, dari Kapolres akan menyampaikannya kepada FKPD. Karena ini menyangkut anggaran, maka tentu ada peran Pemda disini. Dan tentu ini akan kami sampaikan," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait