Vaksin Dosis Ketiga Tidak Hanya Nakes, Syamsir: Juga Berlaku Umum

Selasa 31-08-2021,09:14 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Vaksin jenis moderna yang saat ini didistribusikan untuk vaksin dosis ketigam ternyata tidak hanya berlaku untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) saja. Tetapi masyarakat umum juga bisa mendapatkannya. Dengan cacatan, memulai vaksin dosis pertama dengan vaksin jenis moderna. Demikian Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir, SKM MKM ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (30/8) kemarin.

"Jadi untuk jenis moderna tidak hanya dikhususkan bagi nakes saja, masyarakat umum pun boleh. Dengan ketentuan seperti yang diterangkan tadi. Jika jenis vaksin pertama moderna, maka yang kedua pun harus sama. Atau jika yang sebelumnya jenis sinovac maka pada vaksin kedua juga harus pakai sinovac," ungkap Syamsir di ruang kerjanya.

Dalam wawancara dirinya menegaskan, dalam pelaksanaan vaksin jenis moderna ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Kemudian salah satu syarat yang harus terpenuhi oleh masyarakat, agar bisa menerima vaksin moderna yakni usia minimal 18 tahun.

"Salah satu syarat utamanya warga yang bersangkutan umurnya minimal 18 tahun ke atas," tegasnya.

Adapun alasan yang mendasar usia minimal 18 tahun yakni efek samping yang akan dirasakan setelah menerima vaksin jenis moderna luar biasa, jika dibandingkan dengan vaksin jenis sinovac yang hanya memberikan efek samping yang lebih ringan.

"Setelah yang bersangkutan terima vaksin moderna, efeknya seperti mengalami demam selama beberapa hari. Sedangkan pada vaksin jenis sinovac dampak yang dirasakan tubuh umumnya seperti mengalami ngantuk berat dan nafsu makan meningkat," ujarnya.

Sebagai penutup dijelaskannya, namun terdapat perbedaan antara vaksin jenis moderna yang dikhususkan bagi nakes dan untuk masyarakat umum. Jika nakes mereka menerima sebanyak 3 kali vaksin atau suntikan, sedangkan untuk masyarakat umum hanya berlaku 2 kali vaksin yakni vaksin dosis satu dan dosis dua. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait