DD 76 Desa Sudah Masuk RKD, 15 Desa Menyusul

Jumat 17-09-2021,10:16 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong, menyebut bahwa hingga saat ini Dana Desa (DD) 76 Desa tahap kedua sudah masuk Rekening Kas Desa (RKD). Hal ini disampaikan langsung Kadis PMD Kabupaten Rejang Lebong, Suradi SP MSi.

"Per hari ini (kemarin, red) untuk tahap Desa, ada DD sudah disalurkan dan masuk ke RKD itu ada 76 Desa," ujarnya kepada wartawan, Kamis (16/9).

Menurut Suradi, selain ada 76 Desa yang DDnya sudah masuk RKD. Saat ini juga, ada 15 Desa yang berkasnya sudah masuk ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

"Mudah-mudahan ke 15 Desa yang saat ini sudah masuk KPPN, besok (hari ini, red) dananya dapat di Transfer ke RKD desa. Dengan demikian, maka total desa yang dananya sudah masuk RKD berjumlah 91 desa," sampainya.

Lanjut Suradi, bahwa penyaluran DD tahap kedua ini sedikit mengalami keterlambatan. Dimana kendalanya, sebut Suradi diantaranya Desa belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga bulan September. Karena menurutnya, penyaluran BLT ke 9 wajib disalurkan sebagai salah satu syarat pengajuan DD tahap kedua.

"Selain itu, ada juga desa yang masih melakukan pengurusan pajak kegiatan. Sehingga itu harus dibayar terlebih dahulu. Namun mudah-mudahan hal tersebut, bisa diselesaikan sesegera mungkin," katanya.

Sementara itu, kata Suradi juga mendesak bagi Pemerintah Desa yang belum sama sekali melakukan pengajuan DD tahap Dua untuk segera mengajukan dan melengkapi persyaratan. Mengingat saat ini, sudah masuk bulan September atau 3 bulan menjelang berakhirnya tahun 2021.

"Seharusnya, DD tahap III sudah bisa diajukan. Namun hingga saat ini, penyaluran DD tahap II belum 100 persen. Oleh karena itu, bagi yang belum segeralah ajukan," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait