Polisi Kejar Pemilik 1,5 Hektar Ladang Ganja

Senin 11-10-2021,15:51 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Petugas Polsek Kota Padang, Kepolisian Resort (Polres) Rejang Lebong saat ini tengah mengejar pemilik 1,5 hektar ladang ganja yang ditemukan di Hulu Sungai Malas Desa Sukamerindu Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) pada Jumat (8/10).

Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno SIK MH melalui Kapolsek Kota Padang, Iptu M Zuhdi mengatakan bahwa dalam pengungkapan ladang ganja tersebut pihaknya belum berhasil mengamankan terduga pelaku.

"Namun untuk identitas terduga pelaku saat ini sudah kita kantongi, saat ini dalam pengejaran petugas," ujarnya kepada CE, Minggu (10/10).

Menurut Kapolsek, bahwa pengungkapan ladang ganja seluas 1,5 hektar tersebut berawal dari petugas Polsek Kota Padang mendapat informasi dari masyarakat. Kemudian dari situ sebut Kapolsek, petugas langsung melakukan penyelidikan hingga menemui titik ladang ganja tersebut yang berada di areal Hutan Lindung Bukit Balai Rejang.

"Untuk menuju ke TKP tentu tidak mudah, karena petugas harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki sekitar 12 jam dari Desa terdekat," sampainya.

Lanjut Kapolsek, meskipun berhasil mengamankan terduga pelaku namun pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa ganja siap panen. Dimana setelah dihitung, batang ganja yang ditemukan kurang lebih 700 batang ganja yang tingginya 2 meter dan diprakirakan berumur 6 bulan.

"Nah untuk tanaman ganja tidak ditanam secara rapat, melainkan di tanam dengan di selang-seling dengan tanaman kopi, yang diduga untuk mengelabuhi petugas," katanya.

Sementara itu, setelah berhasil menemukan ladang ganja tersebut selanjutnya kata Kapolsek ganja tersebut selanjutnya dimusnahkan. Diantaranya dengan cara dibakar, dicabut bahkan pondok kebun di lokasi ikut dibakar bersamaan dengan ganja yang ditemukan.

"Untuk sampel barang bukti, hanya 35 batang yang dibawa ke Mako Polsek Kota Padang. Selain itu, semuanya dimusnahkan," pungkasnya. (SR1/CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait