Bingung Kenapa Cicak Bisa Nempel di Dinding? Ternyata Gini Cara Kerjanya!

Kamis 28-09-2023,16:25 WIB
Reporter : Ryen Meikendi
Editor : Ryen Meikendi

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Hai, kamu! Pernah nggak kamu penasaran kenapa cicak bisa nempel di dinding dengan begitu mudahnya? Itu memang terlihat seperti sihir alam, tapi ada ilmu penjelasannya, lho! Mari kita kupas tuntas kenapa cicak bisa nempel di dinding.

 

1. Cakar Khusus

Pertama-tama, cicak punya cakar yang spesial banget. Cakar-cakar ini dilengkapi dengan ribuan rambut halus yang disebut "setae." Nah, setae ini punya ujung yang mikroskopis banget, dan mereka punya daya lekat yang hebat. Jadi, saat cicak menempel di permukaan, setae-setae ini bekerja seperti velcro mini yang 'nangkep' tiap celah dan tonjolan di dinding.

BACA JUGA: Apakah arti dari kejatuhan cicak?

 

2. Daya Tarik Molekuler

Selain cakar yang ciamik, cicak juga memanfaatkan daya tarik molekuler. Apa itu? Jadi, cicak memanfaatkan gaya yang disebut "van der Waals forces" yang timbul dari elektron di atom-atom. Ketika cicak menempel, kamu bisa bilang mereka "menggoda" atom-atom di dinding dengan daya tarik ini. Ini seperti si cicak dan dinding punya hubungan magnetik yang kuat.

BACA JUGA: Ini Ciri-ciri Tuyul Masuk Kedalam Rumahmu, Benarkah Ada Hubungan dengan Cicak?

 

3. Kontrol Otot yang Luar Biasa

Bukan hanya cakar dan daya tarik molekuler, cicak juga punya kontrol otot yang hebat. Mereka bisa mengatur otot-otot mereka untuk membuat kontak lebih erat dengan permukaan. Jadi, saat mereka berjalan di dinding atau langit-langit, mereka bisa 'memijit' setae-setae mereka untuk menjaga agar tetap terhubung.

BACA JUGA: Aneh, Siswa Dihukum Makan Bangkai Cicak

 

4. Cairan Pelumas

Kategori :