Menelusuri Fakta di Balik Wafatnya Sosok Perempuan Inspiratif, Tien Soeharto

Menelusuri Fakta di Balik Wafatnya Sosok Perempuan Inspiratif, Tien Soeharto

Ibu Tien Soeharto saat membuka acara Jakarta FAIR yang pertama (1968)-Screenshot Instagram @jejaksoeharto -

CURUPEKSPRESS.COM - Nama Tien Soeharto sudah tidak asing lagi di telinga. Bernama lengkap Raden Ayu Hj. Hartinah ini adalah istri dari presiden kedua Indonesia, yakni Suharto. Tien Soeharto akrab disapa Bu Tien. Salah satu yang paling tidak asing di telinga ketika mendengar nama Tien Soeharto adalah bunga Anggrek Tien Soeharto, yang nama bunga tersebut diberikan oleh penemu Anggrek Tien Soeharto yang pertama, yakni Rusdi E. Nasution sebagai wujud rasa hormatnya kepada ibu negara Indonesia kedua ini yang sangat rajin merawat tanaman. 

BACA JUGA: Mengenang 27 Tahun Meninggalnya Tien Soeharto, Astana Giribangun dan Wisata Bersejarah yang Penuh Makna

 

Tentu bukan hanya Anggrek Tien Soeharto yang muncul di benak kita semua ketika mendengar nama Tien Soeharto. Ada banyak bukti nyata perjuangan beliau yang mampu mengubah wajah Indonesia hingga terkenal ke mancanegara hingga saat ini. Selain itu juga, bukan hanya karena beliau merupakan istri dari presiden Soeharto yang membuatnya menjadi terkenal. Tentu yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak alasan yang membuat ia menjadi perempuan yang inspiratif dan layak menjadi sorotan publik.

BACA JUGA: Mekarsari: Pesona Kebun Buah dan Perjuangan Tien Soeharto yang Tak Boleh Dilupakan

 

Tien Soeharto lahir di Desa Jaten, Surakarta 23 Agustus 1923. Ia kemudian wafat pada Minggu, 28 April 1996 silam. Anak dari pasangan KPH Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo ini membuat gempar seluruh rakyat Indonesia ketika mendengar kabar kematiannya. Tentu hal ini dikarenakan kabar kematiannya yang dikumandangkan secara mendadak. Mengingat Bu Tien ini adalah orang yang aktif di berbagai kegiatan serta terlihat sehat dan bugar. Hal ini menimbulkan tanda tanya oleh publik. 

BACA JUGA: Cerita Warga Mangkurajo Soal Kebun Bunga Ibu Tien, Sempat di Buru Para Pecinta Anggrek

 

Meski usianya saat wafat telah menginjak lanjut usia, yakni 72 tahun, namun publik tetap mempertanyakan kematian ibu dari 6 orang anak ini. Kematian Tien Soeharto pun dinilai publik tidak disiarkan secara transparan, malah justru seolah-olah ditutupi oleh keluarga.

Publik menilai ada sesuatu yang janggal dari kematian ibu negara kedua ini. Hingga beredar banyak rumor tentang kematiannya yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Salah satu rumor yang beredar adalah Tien Soeharto meninggal karena ditembak oleh salah seorang putranya. Belum diketahui pasti putranya yang mana yang menyebabkan kematian istri Soeharto ini. 

BACA JUGA: Ini Alasan Bu Tien Dirikan Taman Bunga di Mangkurajo, Pemandangan Indah Hingga Potensi Emas

 

Diduga kedua putra Tien Soeharto yakni Tommy Soeharto dan Bambang Trihatmodjo saat itu pernah mengalami perseteruan hebat hingga menyebabkan mereka saling adu ketangkasan dan hampir saling membunuh dengan senjata berupa pistol. Kedua putra pasangan Soeharto dan Tien Soeharto ini diisukan berseteru karena memperebutkan proyek mobil nasional Proton. Nah, di tengah perseteruan hebat itulah Tien Soeharto datang dan tertembak oleh salah satu putranya itu. Namun belum diketahui pasti kebenaran akan rumor ini.

Sumber: