Mengatasi Lidah Putih dengan Bahan Alami

Minggu 22-10-2023,21:00 WIB
Reporter : MAISYA FRENIKA

HEALT, CURUPEKSPRESS.COM - Lidah adalah organ tubuh manunusia yang terletak di dalam mulut yang digunakan untuk merasakan rasa makanan. Selain itu membantu dalam komunikasi manusia dan membantu dalam menelan makanan.

Lidah terdiri atas otot dan jaringan yang sangat fleksibel yang terletak di dalam mulut.  Lidah juga memiliki kepekaan terhadap suhu dan tekstur makanan, serta berperan dalam menjaga keseimbangan dalam mulut. Lidah yang sehat memiliki warna merah muda dan permukaan halus. Jika lidah  anda  mengalami warna yang putih, berarti kondisi Lidah  anda sedang tidak normal.

Lidah dapat menjadi putih karena berbagai alasan, termasuk kondisi medis dan faktor lainnya seperti lidah putih yang  sering dikaitkan dengan kebersihanpada  mulut, bakteri, jamur, kotoran, makanan dan sel mati. Semuanya bisa terperangkap di antara papila yang membesar sehingga mebuat lidah menjadi putih.

BACA JUGA:Benarkah Menjilat Garam dengan Ujung Lidah Bisa Menghentikan Kebiasaan Merokok?

Berikut beberapa cara mengatasi lidah putih :

1.Menggunakan Minyak Kelapa 

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba alami dan dapat digunakan dalam beberapa kasus sebagai obat alami untuk lidah putih. Ambil satu sendok teh minyak kelapa oleskan minyak kelapa ini secara lembut pada lidah yang terkena masalah lidah putih,

Biarkan minyak kelapa berada di lidah selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, bilas mulut Anda dengan air hangat.

2.Menggunakan Air Garam 

Berkumur dengan  air garam hangat dapat membantu membersihkan lidah dan mengurangi bakteri atau jamur yang mungkin menyebabkan lidah putih. Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumurlah selama 30 detik hingga 1 menit lalu buang air kumur tersebut.

3. Menggunakan Kunyit 

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu meredakan peradangan dan membantu mengurangi masalah lidah putih. Campurkan satu sendok teh, bubuk kunyit dengan satu sendok teh madu untuk membuat pasta.Oleskan pasta kunyit-madu ini secara lembut pada lidah yang terkena lidah putih.Biarkan pasta tersebut berada di lidah selama beberapa menit. Setelah beberapa waktu, bilas mulut Anda dengan air hangat. Namun, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap kunyit sebelum mencobanya. Jika masalah lidah putih Anda tidak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk saran lebih lanjut.

 

 

Kategori :

Terkait