4 Fakta Menarik Tentang Kabupaten Kepahiang

Sabtu 31-08-2024,20:25 WIB
Reporter : Farel
Editor : Desi AP

CURUPEKSPRESS.COM - Kabupaten kepahiang yang berada di dataran tinggi pegunungan bukit barisan. Terlepas dari itu, kepahiang memiliki luas wilayah yang mencapai 710,11 kilometer persegi.

Pada 2020, jumlah penduduk Kepahiang mencapai 149.737 jiwa. Jumlah persebaran penduduknya tidak merata dan terkonsentrasi di Kecamatan Kepahiang yang merupakan ibu kota kabupaten.

Dan berikut empat fakta menarik dari kabupaten kepahiang:

 

1. Kawasan TWA Bukit Hitam

Kawasan TWA Bukit Hitam masih sangat asri. Kawasan ini tidak hanya memiliki air terjun setinggi 100 meter saja, tetapi juga sumber air panas.

Kawasan ini terletak di Desa Air Sempiang, Kecamatan Kabawetan, yang dapat ditempuh dengan mendaki sekitar 30 menit. Sementara itu, sumber air panas berada di sisi kiri air terjun.

BACA JUGA:Ini Peran Pahlawan Wanita dalam Sejarah Perjuangan Indonesia

BACA JUGA:Sejarah Dana Dompet Digital Terkenal di Indonesia

 

2. Perkebunan Teh Kabawetan

Perkebunan Teh Kabawetan berada di atas ketinggian 600-1000 meter dari permukaan laut. Perkebunan teh ini merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dibangun pada 1930-an.

Perkebunan teh ini berlokasi di kawasan Kabawetan dan menjadi unggulan destinasi kabupaten ini. Kawasan ini memperlihatkan suasana alam perkebunan teh yang indah, walaupun ketika matahari tak tampak. Suhu udara di perkebunan teh ini sejuk, sekitar 17-19 derajat celcius.

BACA JUGA:Sejarah Lemang Tapai Salah Satu Kuliner Tradisional Suku Rejang

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Potensi Kopi Curup

Kategori :