STAIN Wujudkan Perpustakaan Digital

STAIN Wujudkan Perpustakaan Digital

CURUP, CE - Sehubungan dengan akan dibangunnya perpustakaan induk yang akan dibangun pada tahun 2017 mendatang. Perpustakaan STAIN Curup rencanakan akan berikan pendidikan pemakaian perpustakaan digital setiap satu tahunnya.  Dikatakan oleh Kepala Perpustakaan STAIN Curup, Roni Rudin MHum bahwa perencanaan tersebut memang sudah direncanakan bahkan sebelum adanya kabar akan dibangunnya perpustakaan induk tersebut.

"Dari bangunan yang rencananya akan dibangun sebesar tiga tingkat tersebut akan ada satu ruangan yang nantinya akan dibuat khusus untuk pelaksanaan program itu, dan pembangunan ruangan tersebut sudah diseting pada pembangunan perpustakaan induk tersebut," sampainya.  Menurutnya bahwa program tersebut akan berbentuk website yang berisikan buku-buku elektronik.

"Dalam program perpustakaan digital tersebut berisikan E-book dan juga jurnal-jurnal yang telah tersusun dan dapat dibaca sepuasnya oleh mahasiswa," katanya.  Roni juga mengatakan bahwa selain bertujuan untuk memvariasikan dan menambah bacaan para mahasiswa program tersebut memiliki tujuan khusus.  "Tujuan khusus dari program tersebut adalah untuk mengatasi mahasisswa yang sering sembarang dalam browser diinternet mengenai pembelajaran mereka, akan tetapi memiliki sumber yang tidak bis dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jadi dengan adanya program ini mereka kan dapat mencari informasi mengenai pengetahuan yang mereka butuhkan dan memiliki sumber yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan," terangnya.

Selanjutnya Roni mengatakan bahwa kegiatan tersebut nantinya akan dijalankan secara bertahap dan diutamakan untuk mahasiswa baru.  "Rencananya pada pelaksaannya nanti, dikarenakan hanya ada satu ruangan yang dapat dipakai untuk program tersebut, maka pendidikan pemakaian tersebut akan dimulai dari mahaiswa baru dan akan dijadwalkan per prodinya, dan kegiatan itu sndiri akan dilaksanakan sekitar satu hingga dua jam lamanya" ungkapnya.

Saat ditanyai apakah program tersebut tidak akan menimbulkan kekhawatiran akan mengurangi jumlah pengunjung yang akan datang ke perpustakaan STAIN sendiri, Roni mengatakan justru jika program itu dapat berjalan maka tentunya dirasa akan lebih baik.  "Dalam program tersebut kami juga dapat memantau pengunjung web tersebut nantinya, selain itu mereka juga dapat menjadikan perpustakaan sebagai tempat mereka bersantai sambil mencari informasi melalui website tersebut," tutupnya. (CW3)

Sumber:

STAIN Wujudkan Perpustakaan Digital

Terkini

Terpopuler

Pilihan