Plt Kadispendik Ajak Siswa Gemar Baca Koran

Plt Kadispendik Ajak Siswa Gemar Baca Koran

CURUP, CE - Pelaksanaan roadshow gerakan siswa membaca koran, Kamis (24/11) kemarin menyambangi SMAN 04 Rejang Lebong. Pelaksanaan roadshow sangat spesial karena diikuti langsung oleh Plt Kadis Pendidikan, T Samuji SPd. Dalam sambutannya, Samuji mengajak para siswa untuk gemar membaca koran sebagai salah satu sumber informasi bagi masyarakat.

"Koran ini merupakan salah satu bahan bacaan yang sangat bagus untuk kalian baca, seperti contohnya koran curup ekspress ini yang memuat berbagai perkembangan informasi yang terjadi disekitar kita yang tentunya sangat berguna untuk menambah pengetahuan kalian," sampainya.  Samuji juga menghimbau para siswa untuk pandai dalam memilih bahan bacaan mereka.

"Selanjutnya perlu juga saya sampaikan, bahwa pilihan bacaan juga sangatlah penting untuk kalian terapkan. Jangan hanya sering membaca status di media sosial saja, akan tetapi carilah bacaan-bacaan yang memang berguna bagi pendidikan kalian, jadi mari kita tinggalkan bacaan-bacaan yang tidak berguna bagi pendidikan. Dan seperti tema yang diambil dalam roadshow ini, mari kita wujudkan satu hati Rejang Lebong menjadi kota pendidikan," himbaunya.

Sementara Kepala SMAN 04 Rejang Lebong, Afrison juga menyampaikan beberapa pesan dalam sambutannya. Salah satu ajakan Afrison yakni mengajak para siswanya untuk terus menanamkan budaya literasi untuk mewujudkan mutu pendidikan yang lebih baik. "Bersamaan dengan terselenggaranya acara ini, mari sama-sama kita tingkatkan minat baca dan juga tulis kita. Budaya literasi ini tentunya sangat penting bagi kelanjutan kalian sebagai generasi bangsa selanjutnya, jadi silahkan ikuti acara yang sangat bagus ini, ambilah ilmu yang bisa dipetik dengan terselenggaranya kegiatan roadshow ini," ajaknya.

Selanjutnya dalam waktu yang berbeda, tepatnya setelah acara usai, kami telah mewawancarai beberapa siswa yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Dan beberapa komentar yang beragam telah terlontar dari mulut mereka. Ikhsan salah satu peserta yang berasal dari kelas XI IPA 1 mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan perlu untuk terus dilanjutkan kedepannya.

"Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan roadshow ini, dan hendaknya acara ini dibuat jangan hanya dalam skala yang kecil ini saja akan tetapidibuat dalam skala yang lebih besar lagi," sampainya.  Kemudian pendapat tersebut ditambahkan juga oleh Erik yang berasal dari kelas yang sama yang mengatakan dengan mengikuti kegiatan ini dia dapat menangkap beberapa pesan dari terselenggaranya acara tersebut.

"Yang saya tangkap dari adanya kegiatan ini dalah mengajarkan mengenai pentingnya menanamkan budaya literasi dan juga pentingnya memilih bahan bacaan yang bermanfaat bagi pendidikan," ujarnya.  Dan terakhir Anggun dari kelas XI IPA 2 juga turut berkomentar bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk memberikan motivasi kepada mereka dalam menumbuhkan minat membaca. "Acara ini sangat bagus dan sangat memotivasi untuk terus menumbuhkan minat membaca dan pentingnya fungsi membaca itu sendiri," tandasnya. (CW3)

Sumber: