Utamakan Latihan Fisik dan Semangat Tim

Utamakan Latihan Fisik dan Semangat Tim

Ekskul Basket SMKN 01 Rejang Lebong

CURUP, CE- Ekstra kulikuler (ekskul) basket merupakan salah satu ekskul yang baru akan mulai dibangkitkan oleh SMKN 01 Rejang Lebong. Dalam latihan tentunya banuayk hal yang harus dilatih, mulai dari tehnik hingga kekuatan fisik yang juga tidak kalah pentingnya. Dikatakan oleh guru olahraga yang juga merupakan pelatih basket di SMKN 01, Arif SPd bahwa pada saat ini dia lebih menekankan latihan fisik terhadap para anak didiknya.  "Saat ini latihan fisiklah yang saya utamakan, hal tersebut dikarenakan saat ini saya lihat fisik para anak-anak ini masih belum terlalu kuat dan masih perlu banyak memerlukan latihan," sampainya.

Menurut Arif bahwa tantangan untuk melatih tim basket ini sangatlah sulit dikarenakan mereka memang benar-benar memulai dari awal lagi.  "Dari 20 orang peserta ekskul ini hampir semua pesertanya berasal dari kelas X dan beberapa dari kelas XII, dan ditambah lagi pada saat waktu mereka dari SMP mereka memang banyak yang bukanlah berasal dari ekskul basket juga, sehingga untuk melatih mereka ini memang benar-benar dibutuhkan latihan yang cukup keras, dan jika diibaratkan dengan sebuah bangunan, untuk membangun ekskul ini memang benar-benar harus dibangaun dari awal yaitu membangun pondasinya terlebih dahulu, yang mana pondasi tersebut adalah kekuatan fisik dan juga semangat mereka yang harus terus didongkrak," terangnya.

Untuk jadwal latihan sendiri, mereka telah memilih dua hari dalam satu minggunya untuk jadwal latihan mereka. "Jadwal latihan sendiri kami laksanakan pada hari selasa dan juga hari kamis, pada hari selasa kegiatan fisik tetap dilakukan, akan tetapi tentunya diseimbangi dengan latihan pola dan juga cara dan tehnik permainan. sedangkan latihan yang kami laksanakan pada hari kamis, itulah saat latihan fisik lebih kami utamakan, akan tetapi pada setiap latihan kami tentunya mengadakan latih tanding untuk melihat hasil latihan mereka," kata Arif.

Selanjutnya, Arif mengatakan, walaupun dengan keadaan yang sedemikian itu dirinya dan juga para anak didiknya tetap optimis untuk mengikuti kejuaraan basket.  "Yang jelas tim basket kami ini tidak kan pernah pesimis dalam mengikuti kejuaraan-kejuaraan basket yang diselenggarakan oleh beberapa sekolah. Rencananya kedepan, dalam waktu dekat ini kami akan mengikuti kejuaraan basket yang akan dilaksanakan di SMAN 04 Rejang Lebong pada bulan desember nanti dan juga kejuaraan basket yang diselenggarakan di SMAN 01 Kepahiang pada bulan januari menatang. Memang kesempatan menang sangatlah sulit dikarenakan banyak lawan-lawan yang tangguh, maka dari itu saya menekankan bahwa hal tesrebut jangan sampai membuat smangat mereka menurun, akan tetapi dijadikan motivasi untuk terus giat dan bersungguh-sungguh dalam latihan," ujarnya.

Arif berharap ekskul basket ini kedepannya dapat hidup kembali dan juga memberikan prestasi yang dapat membanggakan nama sekolah. "Semoga saja kedepannya mereka bertambah semangatnya baik dalam latihan maupun dalam pertandingan. dan jika membahas masalah harapan, tentu saja harapannya bahwa mereka dapat terus giat dan bersungguh-sungguh dalam latihan sehingga dapat menjadi tim yang hebat dan juga mampu memberikan prestasinya kepada sekolah," tutupnya. (CW3)

Sumber:

Utamakan Latihan Fisik dan Semangat Tim

Terkini

Terpopuler

Pilihan