Lurah Siap Sosialiasikan Program Kotaku

Lurah Siap Sosialiasikan Program Kotaku

CURUP, CE - Besarnya anggaran yang diterima masing-masing wilayah, dalam program kotaku tanpa kumuh di Rejang Lebong. Kondisi tersebut membuat antusias para Lurah dan Kades penerima bantuan untuk mensosialisasikan program yang jumlahnya sebesar Rp 1,5 miliar per wilayah kepada masyarakat.  Seperti Lurah Kepala Siring Kecamatan Curup, Suko Basuki Wibowo Tunggal mengatakan bahwa dirinya mendukung sepenuhnya atas apa yang nantianya akan dilakukan oleh tim kotaku. Dan juga akan membantu mensosialisaikan kemasyarakat  pentingnya  lingkungan yang bersih.

"Saya sendiri yang akan mensosialisikan kepada warga bahwa lingkungan yang  menunjang kesehatan bukan hanya rumah yang bersih namun lingkungan juga bersih," katanya. Dikatakan Basuki daerah yang dipimpinya adalah hampir sebagian adalah kawasan pasar, dan banyak pula memiliki sungai atau saluran air yang besar. Sehingga tidak bisa dipungkiri kesan kumuh akan sangat melekat, ditambah lagi kurangnya kesadaran masyakarakat untuk tidak membuang sampah di sungai.

"Selama ini pola masyarakat sudah salah  mereka  tidak menjaga lingkungan dan membuang sampai disungai ditambah buang air besar, sedangkan warga lainya mengandalkan untuk beberapa kegiatan  sehari - hari  seperti mencuci  disungai tersebut. Jelas ini tidak bersih untuk kesehatan," sampainya.

Dirinya mengharapkan  agar dengan adanya program tersebut maka l wilayah kepala Siring bisa lebih sehat bersih dan tentunya tertata. Serah program  kotaku tanpa kumuh bisa segera direalisasikan. "Harapan saya ya ini, jika lingkungan sudah bersih pola hidup sudah bagus tentanya kesehatan akan datang dengan sendirinya," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Lurah Karang Anyar Kecamatan Curup Timur, Ibnu Mas'ud Ssos MM. Dirinya mengatakan bahwa  jika program kotaku tersebut direalisasikan, berarti menjawab apa yang menjadi masalah pihaknya selama ini, yakni lingkungan yang tidak tertata dan tidak higienis, ditambah lagi dengan  sungai yang  sudah tercemar.

Sehingga  jika banjir airnya yang terkena kulit menyebutkan  gatal - gatal.  "Saya mendukung seutuhnya karena inikan sudah lama menjadi kandala di wilayah yang saya pimpin, dan saya harapkan nantinya  bisa cepat dilakukan program kotaku ini," sampainya. Sebelumnya diberitakan, sebanyak 7 wilayah penerima program kotaku pada tahun 2017 akan menerima anggaran sebesar Rp 10,5 miliar. 7 wilayah tersebut diantaranya kawasan Pasar Atas, Kepala Siring, Pelabuhan Baru, Karang Anyar, Talang Benih, Dusun Curup dan Taba Renah. "Masing-masing wilayah nantinya akan memperoleh anggaran Rp 1,5 miliar," ujar Kepala Bappeda Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT.(CE1)

Sumber:

Lurah Siap Sosialiasikan Program Kotaku

Terkini

Terpopuler

Pilihan