Realisasi DD dan ADD Capai 100%

Realisasi DD dan ADD Capai 100%

CURUP, CE - Realisasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Rejang Lebong tahun 2016 telah mencapai 100%. Sebanyak 122 desa di 15 kecamatan telah dana pembangunan untuk masyarakat desa tersebut.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD), Drs Darmansyah MM mengatakan bahwa realisasi terkait dana desa sudah mencapai 100% namun untuk alokasi dana desa hanya 98%, karena ada satu desa yang tidak memanfaatkan dan mengambil alokasi dana desa. Desa tersebut adalah Desa Tebat Tenong Luar, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

"Alhamdulillah untuk realisasi DD dan ADD berjalan dengan baik dilihat dari serapan dana mencapai 100%. Namun untuk ADD masih ada satu desa yang belum mencapai 100 persen, karena ada satu desa tidak mengambil alokasi dana desa," ujarnya. Sementara itu, terkait dengan alokasi dana desa karena pencairan 2 tahap, ada sebagian desa dalam proses pengajuan untuk pencairan dana tahap dua. "Karena dalam pencairan ADD melalui 2 tahap, memang masih ada beberapa desa yang masih dalam proses pencairan ADD tahap dua," ungkapnya.

Sementara itu, terkait sebelum dana di salurkan kepada desa, pihaknya mengaku melakukan sosialisasi sebelum dana di kucurkan ke desa-desa dengan kegiatan bimtek, pelatihan kepada pengelola DD dan ADD agar di gunakan tepat sasaran. "Sebelum dana itu dikucurkan kedesa-desa, kami lakukan sosialisasi terlebih dahulu seperti kegiatan bimbingan teknis, pelatihan pengelola dana desa dan sebagainya. Jadi jelas dana tersebut akan di gunakan untuk apa, baik di gunakan untuk kegiatan fisik, kegiatan non fisik, maupun kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, hal tersebut di lakukan agar dana digunakan sebagaimana mestinya,"ungkapnya.

Untuk di ketahui, seluruh penggunaan dana baik di peruntukkan untuk apa saja semua sudah di atur. Kalau DD aturannya langsung dari UU tentang Desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri no 113 tahun 2014 tentang pengelolaan DD, sedangkan untuk ADD cukup dengan Peraturan Bupati. "Pengunaan dana baik DD dan ADD di peruntukkan untuk apa saja, telah ada yang ngatur,"tandasnya. (CW7)

Sumber:

Realisasi DD dan ADD Capai 100%

Terkini

Terpopuler

Pilihan