Kadis Dukcapil Kaget

Kadis Dukcapil Kaget

Soal Peminjaman Alat Rekam e-KTP Kecamatan

CURUP, CE - Pengakuan pihak Kecamatan Curup Timur, soal alat rekam e-KTP yang dipinjam oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong. Kondisi ini mendapat perhatian serius dari Kadis Dukcapil Rejang Lebong, H Bakrim SH. Bahkan dirinya kaget dan belum mengetahui akan persoalan pinjam pakai alat rekam tersebut. "Saya kan baru, jadi saya masih belum mengetahui kan hal itu. Yang jelas nanti akan kita cek kenapa sampai alat peekam yang ada disana dipinjam," katanya.

Disampaikannya dengan adanya peminjaman alat rekam e-KTP oleh Dukcapil tersebut pasti memiliki alasanan sendiri. Bakrim mengatakan jika sudah mengetahui apa penyebab dari peminjaman alat rekam tersebut, maka dirinya akan segera memproses dan kemudian akan melakukan pengembalian jika memang memang sudah tidak ada kendala. "Saya rasa mungkin kemarin dipinjam karena disini ada kekurangan, tapi nanti akan kita proses pengembaliannya," terangnya.

Diakuinya proses perekaman di Kecamatan juga sangat penting fungsinya untuk memperlancar akses masyarakat dalam melakukan perekaman e-KTP. Karena pihak Kecamatan juga merupakan perpanjangan tangan dari Dukcapil dalam menghimpun data perekaman e-KTP. "Jika pelayanan di Kecamatan dapat diaktifkan tentu akan lebih bagus untuk memperlancar perekaman e-KTP ini," jelasnya.

Bakrim juga menyampaikan bahwa pihaknya juga akan melakukan pengecekan beberpa alat rekam yang rusak baik yang ada di Dukcapil sendiri maupun yang terdapat di Kecamatan. Tentunya bagi alat yang mengalami kendala nanti kan diusahakan perbaikannya untuk lebih memperlancar proses perekaman. "Apalagi kabarnya bulan Maret ini blangko sudah ada, tentu akan banyak masyarakat yang ingin melakukan perekaman kembali. Jadi kita akan cek semua alat rekam dan lakukan pengoptimalisasian," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Kadis Dukcapil Kaget

Terkini

Terpopuler

Pilihan