Akses Jalan Batu Betiang 12 Meter

Akses Jalan Batu Betiang 12 Meter

CURUP, CE - Terkait dengan rencana pembangunan akses jalan wisata ke air terjun batu betiang, pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) telah mengajukan pembangunanjalan wisata selebar 12 meter. Namun disampaikan oleh Kadis Parpora, Heny Kurniati bahwa itu barulah pengajuan dari pihak Disparpora. Sedangkan untuk kepastian pembangunan yang sebenarnya masih menunggu berkas yang mereka ajukan dipelajari oleh pihak Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kemarin kami telah mengajukan pembuatan jalan selebar 12 meter dengan panjang jalan 5 kilo meter," sampainya. Kemudian untuk akses jalan sepanjanng 5 KM tersebut Dikatakan oleh Heny dimulai dari lokasi Dusun Marasi Desa Babakan Baru hingga ke lokasi batu betiang. Namun saat ini masih perlu pengkajian oleh pihak kementrian apakah wilayah yang kan dibangun jalan wisata tersebut termasuk kedalam wisata inti atau tidak.

"Jika lokasi akses jalan yang diajukan tidak termasuk kedalam lokasi inti, maka tentunya akses jalan tidak akan bisa dibangun," ujarnya. Lebih jauh, Heny menjelaskan bahwa lokasi inti merupakan wilayah yang memang tidak bisa dibuka untuk menjadi lokasi jalan. Karena akibatnya jika sampai dibuka, maka tentu akan merusak ekosistem dan tentu akan mengakibatkan bencana seperti banjir, dan lainnya.

"Sejauh hasil diskusi kemarin, pihak kementrian menyambut baik, namun pihaknya masih kan mepelajari dan mengkaji lokasi yang jala yang telah kami ajukan," terangnya. Namun bedasarkan aturan yang ada jalan untuk ojek wisata tersebut seharusnya hanya diizinkan selebar 1,5 hingga 2 meter saja. Disampaikan Heny, paling kencang untuk lebar jalan sendiri itu hanya 3 meter. Memang lebar itu sama sekali jauh dari lebar yang mereka usulkan. Namun berapapun lebar jalan yang disetujui oleh pihak kementrian nantinya, pihaknya kan tetap berupaya untuk membangun akses jalan kesana.

"Dari obrolan kami dengan pihak kementrian kemarin, jika sepanjang pembangunan jalan tersebut mengarah ke zona pemanfaatan, maka maka mudah-mudahan akan bisa diusahakan," tandasnya. (CE2)

Sumber:

Akses Jalan Batu Betiang 12 Meter

Terkini

Terpopuler

Pilihan