Kapur Sirih Ganti Detergen

Kapur Sirih Ganti Detergen

Bahan Campuran Gula Aren

CURUP, CE -Badan Pengawa Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu, memastikan produk gula aren Rejang Lebong positif mengandung detergen. Disisi lain, ada solusi yang ditawarkan oleh pihak BPOM terkait campuran detergen tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong, H Asli Samin SKep MKes melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan, H Hamka SSos mengatakan solusi pencampuran detergen tersebut bisa diganti dengan kapur sirih.

"Dari penelitian yang dilakukan oleh BPOM kemarin, ternyata kapur sirih bisa dijadikan pengganti yang lebih aman untuk bahan campuran detergen," sampai Hamka. Karena berdasarkan penelitian dari BPOM Bengkulu, kandungan kapur sirih juga bisa dijadikan sebagai penetral asam, layaknya detergen yang selama ini dipakai oleh para petani aren. Akan tetapi sayangnya pihaknya tidak begitu ingat berapa takaran yang bisa dipakai

"Untuk banyak kapur sirihnya, saya kurang begitu hapal takarannya, itu BPOM yang tahu persis," akunya. Dirinya menyampaikan pihaknya secepatnya akan melakukan sosialisasi terkait penggunaan kapur sirih pengganti detergen tersebut. Agar para petani aren dapat terus menjalankan usahanya dan tentunya aman bagi konsumen. "Tentunya dengan sudah adanya solusi pengganti detergen ini, konsumen tidak akn was-was lagi dengan masalah gula aren berdetergen ini," jelasnya.

Pada awal bulan April mendatang, Hamka mengatakan memang akan dilakukan pertemuan dengan beberapa lintas sektor terkait hal tersebut. Pihaknya akan mengundang semua dinas instansi terkait dan juga tentunya para petani aren. "Awal bulan 4 nanti kita akan adakan pertemuan disini untuk membahas hal tersebut," tandasnya. (CE2)

Sumber:

Kapur Sirih Ganti Detergen

Terkini

Terpopuler

Pilihan