Akibat Sampah, Kelurahan Jalan Baru Tergenang

Akibat Sampah, Kelurahan Jalan Baru Tergenang

CURUP, CE - Akibatnya banyak sampah yang ada di dalam saluran irigasi tepat di simpang 4 Simpang Lebong membuat terjadinya genangan air di wilayah tersebut. Hal tersebut mengurangi kenyamanan saat berkendara. Dikatakan oleh salah satu warga Jalan Baru Ham, saluran air yang banyak dipenuhi sampah membuat air sedikit menggenangi jalanan. Karena pada dasarnya sampah datang merupakan kiriman dari air Kelurahan Palak Siring. "Tentunya genangan air timbul disebabkan mampetnya saluran irigasi ini yang banyak dipenuhi sampah," ujarnya.

Disampaikannya bahwa sampah ini merupakan masalah yang harus dituntaskan persoalannya. Karena permasalahan sampah menjadi salah satu sebab terjadi tejadinya banjir. Banyaknya sampah terjadi bukan karena pemerintah namun kesadaran akan masyarakat itu sendiri yang selalu membuang sampah di saluran air. "Masalah sampah memang menjadi persoalan. Karena sampah juga akan menyebabkan terjadi banjir," sampainya.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa pemerintah terkait untuk mensosialisasikan serta dengan turun tangan langsung dalam memupuk kesadaran masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran. Sebab sampah berpotensi menyebabkan banjir. "Tentunya harapan kepada pihak pemerintah untuk turun tangan langsung untuk memupuk kesadaran masyarakat," pintanya.

Ditambahkan oleh warga Jalan Baru lainnya, Alan bahwa sudah genangan tersebut akibat sampah yang menyumpat saluran irigasi. Maka peran penting pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama dalam menanggulangi masalah sampah ini. "Kalau dari pemerintah sendirinya dalam 3 bulan lalu telah mengeruk saluran irigasi ini. Namun seiring jalan sampah tersebut terus menumpuk sehingga menyumbat yang menyebabkan terjadinya genangan air," ungkapnya.

Sementara itu dirinya berharap bahwa masyarakat untuk secara sadar bersama sama untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai membuat saluran irigasi tersumbat dan menyebabkan genangan air. "Kita berharap tentunya bersama sama sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan," tandasnya. (CW7)

Sumber: