Sejahterakan Masyarakat dengan BUMDes

Sejahterakan Masyarakat dengan BUMDes

Desa Seguring

CURUP, CE - Salah satu wujud untuk mensejahterahkan warga Desa Seguring, salah satu program yang terus dikembangkan adalah dengan membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal tersebut nampaknya diterapkan di Desa Seguring Kecamatan Curup Utara. Seperti dikatakan oleh Kades Seguring, Jumadi Irawan bahwa salah satu program yang harus digalakkan adalah dengan memiliki BUMDes. Sebagaimana diketahui bahwa BUMDes memiliki salah satu fungsi untuk membantu mensejahterakan masyarakat di desanya. "Kita akan kembangkan dan terus ditingkatkan BUMDes yang ada," ujarnya saat ditemui CE di kediamannya.

Disampaikannya untuk saat ini, BUMDes yang telah dijalankan berupa pinjam pakai tenda, serta penyewaan prasmanan untuk masyarakat desa. Jadi dengan demikian masyarakat desa tidak perlu meminjam ke luar yang memang mahal pembiayaannya. "Saat ini kita punya sewa prasmanan dan sewa tenda. Jadi masyarakat tak perlu lagi bayar mahal," sampainya.

Kemudian dikatakan Jumadi bahwa realisasi dana desa 2017 ini, rencanasalah satu penggunaannya dialokasikan untuk pembuatan BUMDes kembali yakni dengan membuat simpan pinjam di desanya. Dibuatnya ini untuk masyarakat desa agar lebih sejahtera. "Mudah mudahan kalau tidak ada halangan, kita akan buat simpan pinjam berbasis Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bunganya tidak banyak dalam hitungan tahun. Intinya tidak memberatkan masyarakat," katanya.

Sementara itu disampaikan bahwa peningkatan BUMDes tersebut tak lain untuk kemajuan desa dengan memikirkan kepentingan masyarakat. Masyarakat aman, nyaman dan tentram dalam beraktifitas. Maka dari itu pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat desanya harus bersama sama mendukung program yang telah disepakati bersama. "Karena BUMDes ini milik masyarakat maka harus dijaga dengan baik," tandasnya. (CW7)

Sumber:

Sejahterakan Masyarakat dengan BUMDes

Terkini

Terpopuler

Pilihan