Desa Perbo Bangun Akses Jalan

Desa Perbo Bangun Akses Jalan

CURUP, CE - Realisasi Dana Desa (DD) pada tahun 2017 ini rencana akan diprioritaskan pada pembangunan fisik. Pihak Desa Perbo Kecamatan Curup Utara berencana akan membuat akses jalan. Namun sayang hal itu masih menjadi kendala karena belum cairnya DD tersebut. "Kita akan buat akses jalan dan kemungkinan juga akan dibuat siring. Namun sayangnya DD belum cair," ujar Kades Perbo, Hendrik.

Lebih lanjut Hendrik mengatakan bahwa sebenarnya kebutuhan pada pembangunan jalannya bukan didasarkan kepada kepentingan pribadi melainkan rencana tersebut sudah tersusun dari Musyarawah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) yang melibatkan perangkat desa dan masyarakat. Permintaan masyarakat tentunya akan memudahkan masyarakat dalam akses jalan. Misalkan akses ke kebun dan sebagainya.

"Jalan ini memang didasarkan pada aspirasi masyarakat. Dan pada inti tujuan sebagai akses memudahkan masyarakat," sampainya. Bahkan ia sampaikan bukan hanya pada pembangunan fisik yang akan dirinya prioritaskan namun pemberdayaan akan dilakukan pihaknya. Seperti pelatihan dan pembuatan bengkel sebagai sarana membantu meningkatkan SDM di desa dan akan memanfaatkan muda mudi untuk mengurangi angka pengangguran di desanya.

"Karena pemberdayaan ini tak kalah penting dengan pembangunan fisik, maka ini juga harus diberdayakan guna meningkatkan kualitas SDM di desa," katanya. Di sisi lain dirinya berharap bahwa jika pembangunan akses jalan maupun pemberdayaannya juga terealisasi. Pihaknya harapkan untuk menjaga dengan baik sehingga berguna sampai dengan jangka panjang. "Semoga secepatnya ini terealisasi, jika sudah dibuat masyarakat harus sama sama menjaganya," tandasnya. (CW7)

Sumber:

Desa Perbo Bangun Akses Jalan

Terkini

Terpopuler

Pilihan