Dinkes Bantu Pemantauan Kehigienisan

Dinkes Bantu Pemantauan Kehigienisan

Terkait Keamanan Pangan

CURUP, CE - Dalam rangka turut serta dalam menciptakan keamanan pangan di Rejang Lebong, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong akan siap membantu. Dikatakan Sekretaris Dinkes, Syamsir SKM MKM bahwa pihaknya hanya mampu untuk membantu pemantauan kehigienisan makanan. Pasalnya jika untuk memastikan kemanan terkait kandungan berbahaya yang terdapat dalam makanan, pihaknya tidak memiliki SDM dalam bidang tersebut.

"Dinas kesehatan tentu akan membantu dalam rangka pemantauan keamanan pangan dengan melakukan pengecekan kehigienisan makanan," sampainya. Dikatakannya bahwa selama ini Dinkes juga sudah beberapa kali dalam melakukan pengecekan keamanan makanan melalui kandungan bahan berbahaya yang terdapat di dalam makanan. Akan tetapi pihaknya selalu bekerjasama dengan pihak BPOM Provinsi. Jadi pihak BPOM Provinsilah yang melakukan pemantauan terkait kemanan pangan dari kandungan berbahaya yang ada.

"Tapi selama ini kita sudah melakukan beberpa kali kerjasama dengan pihak BPOM Provinsi, termasuk juga seperti kasus gula merah kemarin. Jadi secara tidak langsung Dinkes bertindak sebagai fasilitatornya," ujarnya. Namun terkait dengan permintaan untuk penempatan salah satu pegawai BPOM untuk diletakkan di Kabupaten Rejang Lebong sudah disampaikan kepada pihak BPOM Provinsi.

Bahkan Syamsir mengatakan bahwa hal tersebut juga sudah disampaikan kepada Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Drs Suratmono MP saat acara di Hotel Syakila Selasa (04/04) kemarin. "Kemarin kan kita sudah sampaikan untuk penempatan pegawai BPOM di Rejang Lebong. Mudah-mudahan saja bisa disetujui," katanya.

Syamsir mengatakan dari permintaan tersebut, tentu bukan hanya Rejang Lebong yang akan bisa diakomodir. Akan tetapi dua kabupaten tetangga yaitu Lebong dan juga Kepahiang juga akan bisa terakomodir jika perwakilan BPOM ada di Rejang Lebong. "Ini akan bagus sekali bila disetujui, kerena bukan hanya Rejang Lebong sja yang bisa terakomodir, kan tetapi ada dua Kabupaten lain yaitu Lebong dan juga Kepahiang," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Dinkes Bantu Pemantauan Kehigienisan

Terkini

Terpopuler

Pilihan