Bulan Ini, Musim Nikah

Bulan Ini, Musim Nikah

CURUP, CE - Pada bulan April ini warga Rejang Lebong tak hanya memasuki musim penghujan, namun juga musim pernikahan. Setidaknya hal ini terjadi Kecamatan Curup. Menurut data dari KUA setempat jumlah pernikahan naik 50% dari bulan sebelumnya. Diakui Kepala KUA Curup, Samiri, bahwa tingkap pendaftaran pernikahan di tempatnya mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Jika bulan sebelumnya hanya 19 orang yang melakukan pencatatan pernikahan, maka per tanggal 21 April kemarin sudah tercatat sebanyak 28 orang yang melakukan pernikahan. "Untuk bulan April ini meningkat hingga 50% persen dari bulan bulan sebelumnya," terangnya.

Diakui Samiri, tidak menutup kemungkinan jumlah yang melakukan pencatatan pernikahan di KUA Curup akan bertambah lagi. Sebab bulan ini masih menyisahkan sembilan hari lagi. "Setiap bulan jumlah pernikahan mengalami peningkatan," ujarnya. Dari 28 pernikahan yang terjadi pada bulan ini di KUA Kecamatan Curup, Samiri mengetakan bahwa terbanyak berada di Kelurahan Talang Benih. Dimana tercatat ada sebanyak 10 pernikahan.

Disinggung apa alasan meningkatnya pernikahan di Kecamatan Curup ini, Samiri tak mengatahui alasan pasti. "Kita tidak mengetahui pasti, mungkin lagi musim saja," katanya. Dari 28 psangan yang menikah di bulan ini, lanjut Samiri ada salah satu pasangan yang berusia di bawah umur, yakni 16 tahun. Dikarenakan yang berusia di bawah umur ini pihak laki-laki makanya tidak dilakukan persidangan pernikahan. "Kalau yang dibawah umurnya pihak perempuan maka harus mengikuti sidang di Pengadilan Agama," jelasnya.

Pernikahan di bawah umur ini sendiri ujar Samiri memiliki risiko perceraian yang cukup tinggi. Sebab diusia yang masih labil dan belum matang dalam menghadapi ragam permasalahan paska pernikahan. Begitu juga resiko jika pihak wanita yang menikah dibawah usia. "Jika perempuan mengandung di usia dini maka, akan rentan dalam kesehatan. Ditambah jika wanita dibawah umur memiliki emosi yang tinggi, dan akan cukup sulit beradaptasi dalam keadaan pernikahan," jelasnya. (CE1)

Sumber:

Bulan Ini, Musim Nikah

Terkini

Terpopuler

Pilihan