SDN 79 RL Tingkatkan Budaya Baca

SDN 79 RL Tingkatkan Budaya Baca

CURUP, CE - Pihak SDN 79 Rejang Lebong yang berada di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang berupaya untuk meningkatkan budaya baca siswa. Pasalnya budaya baca adalah salah satu informasi atau pengetahuan selain daripada mendengarkan dan menulis. Sehingga dengan budaya baca siswa ini, tentunya akan menambah pengetahuan yang lebih bagi setiap siswa terutama pada pengetahuan akademiknya.

"Kita akan programkan peningkatan minat baca siswa dalam rangka memberikan pengetahuan yang lebih selain dengan menulis dan mendengarkan," sampai Kepala SDN 79 Rejang Lebong, Emi Sujiyati SPd. Dikatakannya, bukan hanya siswa yang difokuskan untuk membudayakan baca tersebut. Akan tetapi para guru juga harus dilibatkan serta memberi contoh terlebih dahulu kepada para siswa. Sehingga secara tidak langsung siswa akan mencontoh guru tersebut dan memahami bahwa membaca merupakan salah satu sumber pengetahuan yang dapat membuka wawasan.

"Untuk menerpakan hal ini, guru juga harus mencontohkan terlebih dahulu. Sehingga murid akan melihat dan mencontoh daripada gurunya tersebut," sampainya. Untuk kedepan pihaknya akan berencana bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Rejang Lebong untuk datang kesekolah mereka. Jika tidak memungkinkan, maka pihak SDN 79 akan berkunjung langsung ke Perpusda tersebut. Tentunya dengan harapan pihak Perpusda dapat memberikan sosialisasi kepada para siswa SDN 79 tentang beberapa manfaat dan kegunaan membudayakan minat membaca. diakui Emi hal tersebut perlu dilakukan karena dirasa selama ini budaya membaca tersebut sudah banyak hilang disekolah-sekolah.

"Kita berencana untuk melakukan kerjasama dengan Perpusda sekaligus meminta memberikan sosialisasi tentang manfaat budaya gemar membaca pada siswa-siswi kami," ujarnya. Emi mengatakan, dengan adanya program tersebut, mudah-mudahan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dikepalainya. Disamping itu juga dapat mengajarkan siswa dalam berkomunikasi dan mencari pengetahuan lewat membaca. "Ini mungkin bisa menjadi salah satu program yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dalam mewujudkan Rejang Lebong sebagai kota pendidikan," tandasnya. (CE5)

Sumber:

SDN 79 RL Tingkatkan Budaya Baca

Terkini

Terpopuler

Pilihan