PAI Gelar Kompetisi Kemampuan Akademik

PAI Gelar Kompetisi Kemampuan Akademik

CURUP, CE - Bertempat di halaman STAIN Curup pada Jum'at (19/5) kemarin, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) menggelar Kompetensi Kemampuan Akademik Prodi PAI tahun 2017. Kompetisi yang dilombakan merupakan satu ide yang diperoleh dari kegiatan PIONIR di UIN Ar Raniry Aceh beberapa waktu lalu dan tentunya kegiatan ini merupakan yang pertama dilakukan di STAIN Curup.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Panitia, Abdul Rahman MPdI. "Kegiatan ini mungkin yang pertama dilakukan atas inisiasi dari PIONIR beberapa waktu lalu," ujarnya.

Disampaikannya bahwa kompetisi ini selain bertujuan untuk menjalin silaturahim sesama mahasiswa Prodi PAI namun juga kompetisi tersebut bertujuan untuk menjaring mahasiswa untuk ikut serta dalam PIONIR tahun 2019 mendatang. Karena pada dasarnya PIONIR kemarin STAIN Curup perdana berhasil mendapat 2 medali sekaligus pada Cabang Debat Bahasa Inggris dan Cabang Tenis Meja serta menjadi peringkat 20 besar pada ajang tersebut yang diikuti 55 Perguruan Tinggi Islam Negeri seluruh Indonesia.

"Karena perdana STAIN Curup bisa mendulang medali, maka mudah mudahan kompetisi ini akan kembali memuculkan bakat bakat yang bisa diikutkan ke PIONIR selanjutnya," sampainya. Sedangkan untuk kompetisi kemampuan akademik Prodi PAI ini akan melombakannya setidaknya ada 9 rangkaian cabang lomba yang meliputi Hifzil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syahril Qur'an, Tilawatil Qur'an, Musaqah Karya Tulis Alqur'an, Puitisasi Qur'an, Proposal Kewirausahaan, Khattil Qur'an dan Pop Solo Islami. Dari keseluruh cabang perlombaan tersebut mahasiswa harus bersaing dalam kompetisi untuk menjadi juara. "Ada 9 Cabang yang dilombakan dan semua itu akan dicari juaranya," katanya.

Sementara Ketua STAIN Curup Dr Rahmad Hidayat MAg MPd melalui Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan Dr Lukman Asha MPd I sangat mendukung kompetisi kemampuan akademik tersebut. Karena menurutnya kegiatan ini tentunya menggali potensi yang ada pada mahasiswa. Maka daripada itu kompetisi ini harus terus dilanjutkan. "Kami siap mendukung kompetisi ini, semoga ini terus berlanjut dan dikembangkan dengan kegiatan positif lainnya," tandasnya. (CE5)

Sumber:

PAI Gelar Kompetisi Kemampuan Akademik

Terkini

Terpopuler

Pilihan