Puskemas Digembok, Sekda Ancam Mutasi Kapus

Puskemas Digembok, Sekda Ancam Mutasi Kapus

CURUP, CE - Sekda Kabupaten Rejang Lebong RA Denni SH MM terlihat geram atas insiden digemboknya salah satu Puskesmas pada saat lebaran beberapa saat yang lalu. Saking geramnya, Sekda berencana akan melakukan mutasi terhadap Kepala Puskesmas (Kapus) yang dalam kondisi tergembok tersebut.

"Kita akan segera memanggil Kadis Dinkes guna mengetahui lebih jelas prihal tutupnya Pekesmas rawat inap yang ada didaerah Kota Padang tersebut," tegas Sekda.

Diungkapkan Sekda, dari cerita yang sampai ditelinganya. Sekwatu Puskesmas tergembok, ada korban laka yang dibawah ke Puskesmas tersebut. Hanya saja hingga satu jam lebih tidak mendapat penanganan medis karena Pukesmas sama sekali tidak dijumpai ada petugas atau penjaganya.

"Kita baru bicarakan keputusan yang diambil, apakah ada evaluasi atau sanksi lainya," ujarnya.

Namun yang jelas Sekda menuturkan akan ada sanksi baik pembinaan atau langsung pemindahan, atau sanksi - sanksi lainnya hingga penundaan kenaikan pangkat.

"Sanksi apa saja bisa saja diberikan karena ini kelalayan yang disengaja," jelasnya. Masalah tersebut menurut Sekda harus ada efek jera karena Dinkes dan pukesmas adalah OPD yang menangani kesehatan yang behubungan langsung dengan nyawa manusia.

"Mereka ini penyelamat yang sakit, jadi mereka memiliki peran penting," sampainya. Sekda meminta dan menegaskan agar hal serupa tidak tejadi dilokasi lain baik pukesmas atau pelayanana kesehatan lainya, kereka nyawa seseorang sangat berharga.

"Jangan sampai terjadi pada pukesmas lain atau pelayanan kesehatan lainya, saya tegaskan dan ingatkan," tegasnya.(CE1)  

Sumber: