Matahari Diatas Ka’bah, Saatnya Perbaiki Arah Kiblat

Matahari Diatas Ka’bah, Saatnya Perbaiki Arah Kiblat

CURUP, CE - Minggu (16/7) kemarin tepatnya pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA telah terjadinya sebuah fenomena dimana matahari tepat melintas diatas Ka'bah. Artinya bayang-bayang pancaran cahaya tersebut dan bayangan sebuah benda tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus kearah Ka'bah. Maka saat itulah masyarakat bisa menentukan kemana arah kiblat.

"Fenomena tersebut bisa menjadi acuan untuk menentukan arah kiblat karena matahari berada tepat diatas Kakbah," ujar Muhammad Thamrin selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah seperti dikutip dilaman bimasislam.kemenag.go.id kemarin. Disampaikannya bahwa peristiwa tersebut sebaiknya dimanfaatkan oleh kaum muslimin untuk memperbaiki arah kiblat.

Namun dalam mengukur arah kiblat tersebut haruslah memperhatikan tiga hal. Diantaranya memastikan benda yang menjadi patokan harus benar benar berdiri tegak lurus atau menggunakan kotak/ bandul. Kemudian permukaan dasar harus betul betul datar serta rata dan terakhir jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

"Untuk melakukan pengukuran harus memperhatikan 3 hal dan terverifikasi," sampainya. Terpisah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rejang Lebong, Drs H Tasri MA saat dikonfirmasi kemarin membenarkan adanya fenomena tersebut. Namun untuk melakukan pengukuran tentu harus mengandalkan orang orang yang memang memahami bidang tersebut.

"Betul, tapi untuk mengukur harus orang yang paham," katanya. Menurutnya, sejauh ini arah kiblat masjid di Rejang Lebong sudah seluruhnya benar. Kendati demikian, pihaknya akan menerima setiap laporan apabila ada bangunan masjid salah kiblat.(CE5)

Sumber: