Alumni Akhwal Syakhshiyah STAIN Curup Bisa Ikuti Tes CPNS

Alumni Akhwal Syakhshiyah STAIN Curup Bisa Ikuti Tes CPNS

CURUP, CE - Kabar gembira bagi lulusan STAIN Curup Prodi Akhwal Syakhshiyah STAIN Curup. Pasalnya setiap lulusan bisa mendaftarkan diri menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan dibuka pada awal Agustus mendatang dilingkungan Mahkamah Agung (MA) RI

"Tentu kabar gembira bagi alumni kita untuk menjadi CPNS, maka dari itu terus kita dorong," Ujar Ketua STAIN Curup Dr Rahmad Hidayat MAg MPd melalui Wakil Ketua I Hendra Harmi MPd didampingi Wakil Ketua II Dr Hamengkubuwono MPd kepada CE. Khususnya untuk Prodi Akhwal Syakhshiyah yang ada dan juga didorong dengan akreditasi B sesuai dengan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tiggi (BAN-PT) No. 004/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015 bahwa Prodi Akhwal Syakhshiyyah meraih akreditasi B dan modal akreditasi tersebut sudah mencukupi syarat dalam mendaftarkan diri untuk menjadi CPNS.

"Dengan dukungan akreditasi tersebut, kita mengajak alumni untuk ikut serta. Karena akan rugi jika tidak manfaatkan, karena peluang untuk lulus masih terbuka lebar," sampainya. Tidak hanya itu, begitupun dengan prodi lain memiliki kesempatan yang sama sesuai dengan keahliannya masing masing.

Menurutnya, keseluruh prodi yang ada sudah terakreditasi dan memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan dan ditentukan. Seperti prodi Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Komunikasi Penyiaran Islam, Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Pendidikan Islam (S1) dan Manajemen Pendidikan Islam (S2).

"Sejumlah Prodi yang ada di STAIN tentu sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan formasi yang dikehendaki masing masing sesuai prodi dan jurusannya," katanya. Sedangkan bagi mahasiswa maupun alumni yang ingin melihat akreditasi baik institusi maupun prodi bisa diakses melalui 2 laman web resmi dari BAN-PT. Untuk melihat status akreditasi institusi bisa diakses melalui https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi sedangkan untuk melihat status akreditasi prodi bisa diakses melalui web dengan alamat https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.

"Untuk mengecek status akreditasi, bisa diakses melalui 2 laman web tersebut," jelasnya. Lebih jauh dikatakan Hameng bahwa selain prodi-prodi tersebut, pihaknya telah membuka prodi baru dengan disiplin ilmu untuk program pasca sarjana yang mana izin penyelenggaraan dengan didasarkan pada Keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor 3515 tahun 2016 sebagaimana prodinya adalah PAI (S2), akhwal Syakshiyah (S2) sedangkan prodi baru di program S1 yakni tadris matematika, tadris Bahasa Indonesia, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), bimbingan penyuluhan Islam (BPI), ekonomi syariah dan program Hukum Tata Negara Islam (HTNI) dengan izin penyelenggaraan berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor 3514 tahun 2016. (CE5/Prw)

Sumber: