Gaji TKS Guru Masuk APBD-P 2017, Dewan: Jika Mendesak Kita Setujui

Gaji TKS Guru Masuk APBD-P 2017, Dewan: Jika Mendesak Kita Setujui

CURUP, CE - Pihak DPRD Rejang Lebong akan membahas dan menyetujui anggaran yang diusulkan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong. Ini terkait dengan akan dilakukannya perekrutan tenaga sukarela (TKS) guru. Hanya saja untuk target gaji 1 juta belum bisa dipastikan oleh pihaknya.

"Kita bahas dulu, ini cukup mendesa kita akan setujui dan namun kalau satu juta saya tidak bisa pastikan," terang anggota Banggar DPRD Rejang Lebong, Yurizal MBe.  Yurizal menjelaskan, untuk disetujui anggaran tersebeut sangat berpotensi, karena kekurangan guru sendiri adalah masalah lama, dan juga TKS tahun sebelumnya juga TKS bisa dianggarkan.

"Namun besaran inilah yang kita masih bahas. Kita bahas dahulu dan kita lihat bagaimana mengkapernya," sampainya. Yurizal juga menyampaikan, anggaran itu sendiru juga pihaknya harus mencari terlebih dahulu anggaran yang tidak jalan, disetiap Orgasinasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dikabupaten Rejang Lebong, atau agaran Dikbud sendiri yang akan bergeser.

"Diambil dari program - program yang tidak jalan, mudah - mudah bisa terakomodir tanpa menggangu anggaran wajib, arau rutin," jelasnya. Selain itu juga untuk nominal jika memang tidak memungkinkan diberikan Rp 1 juta per orang bisa saja kurang dari itu, namun tetap manusiawi, yakni dikisaran Rp 900 ribu, bisa saja sama dengan guru agama desa, yang sebelumnya telah berjalan.

"Ini bisa saja disama ratakan, namun yang jelas ditanggung pemerintah bukan dana BOS," ujarnya. Serta jika memang sudah direncanakan untuk diadakan, pihaknya hanya minta segerakan, agar dana yang ada segera bisa terserap jangan sampai sudah dianggarkan untuk enam bulan, namun terserap hanya untuk enam bulan atau lebih. "Upayakan dipercepat agar masalah cepat selesai," tandasnya. (CE1)

Sumber: