Waspadai Kebakaran Hutan, Dandim: Jangan Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

Waspadai Kebakaran Hutan, Dandim: Jangan Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

CURUP, CE - Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav Hendara S Nuryahya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Hal tersebut disampaikannya terkait telah terjadinya kebakaran di 4 lokasi dimana dua diantaranya terjadi di Kabupaten Rejang Lebong pada pagi hari kemarin sekitar pukul 06.00 WIB.

"Terkait dengan kebakaran yang telah terjadi di dua titik di Bengkulu Utara dan di Kota Padang dan PUT pagi tadai kami mengimbau masyarakat untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu kebaran hutan," sampainya kepada wartawan pada Senin (31/7) kemarin. Dikatakannya bahwa kebakaran lahan sangat mudah dipacu dengan lahan-lahan yang bersifat kering. Untuk Rejang Lebong sendiri, Dandim mengatakan yang masih perlu banyak diwaspadai adalah di daerah-daerah perbatasan.

"Untuk Rejang Lebong sendiri ini yang masih perlu diwaspadai diantaranya yaitu diarah Kota Padang, PUT, termasuk juga seperti arah SBI dan SBU," ujarnya.

Menurut Dandim, Kabakaran hutan sendiri hampir kebanyakan disebabkan oleh pembukaan lahan baru oleh masyarakat dengan cara dibakar. Untuk itu disampaikannya sebenarnya cara-cara seperti itu sangatlah dilarang keras.

"Hampir rata-rata kebakaran hutan ini diakibatkan akibat ulah tangan manusia yang membakar lahan secara sembarangan," ujarnya. Dirinya bukan hanya mengimbau masyarakat untuk mengindari hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran hutan saja. Akan tetapi dirinya juga meminta masyarakat agar dapat bersama-sama mengawasi hal-hal lainnya yang dapat memicu kebakaran hutan demi kebaikan bersama. (CE2)

Sumber: