4 Kabupaten Teken MoU, Kembangkan Konektivitas Antar Daerah

4 Kabupaten Teken MoU, Kembangkan Konektivitas Antar Daerah

BENGKULU, CE - Empat Kabupaten diantaranya yakni, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Tengah sebelumnya telah melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman.

Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Noni Yuliesti menyebutkan penandatanganan MoU keempat Kabupaten ini dalam rangka untuk mengembangkan Aksebilitas dan konektivitas antar daerah di Provinsi Bengkulu. Nota kesepahaman sendiri ditandatangani saat pertemuan Forum Perencanaan Percepatan Pembangunan Bengkulu (FP3B) 2018 sebelumnya yang berisi tentang peningkatan konektivitas antar Kabupaten melalui pengembangan jalan baru lintas tengah di Provinsi Bengkulu.

"Ini bermaksud menyatukan fokus konektivitas antar Kabupaten. Pertama, peningkatan kualitas jalan yang sudah tersedia yang menjadi kewenangan tiap daerah. Yang kedua, pembukaan dan pengembangan ruas-ruas jalan baru lintas tengah," sampai Noni.

Dikatakannya bahwa sebelumnya seluruh stake holder hadir, baik Kepala Daerah maupun unsur Organisasi Perangkat Daerah. Dimana Bappeda Provinsi Bengkulu menjadi fasilitator agar perencanaan di daerah dapat sinkron dan terkoneksi dengan Kabupaten tetangga. "Supaya terhubung nantinya, koordinat di Kabupaten Lebong misalnya, nanti harus bertemu tepat di koordinat yang dibangun kabupaten Rejang Lebong, seperti ini harus disinkronkan karena goalnya adalah membangun Provinsi Bengkulu," ungkapnya.

Terpisah, Yuliswani selaku Asisten Perekonomian dan Administasi Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa pengembangan ruas-ruas jalan baru lintas tengah akan memberikan dampak ekonomi positif. Selain menjadi jalur logistik dan komoditas antar daerah, jalur baru dapat menekan kesenjangan antar daerah.

"Semoga nota kesepahaman ini menjadi pedoman perencanaan pada tahun mendatang. Jalur baru ini jelas akan menjadi alternatif jalur distibusi barang dan jasa di Bengkulu, dampaknya akan menekan kesenjangan sehingga rasio gini mengecil. Sebagaimana prioritas kita, menekan angka kemiskinan dan membuka keterisolasian," singkatnya.

Sembukaan dan pengembangan ruas-ruas jalan bau lintas tengah tentunya didahului dengan kajian-kajian teknis dengan tetap mengutamakan pelindungan dan pengelolaan ekosistem kehutanan dan lingkungan hidup.

Dimana ruas jalan baru yang rencananya akan dibangun di 4 kabupaten tersebut diantaranya yakni, Jalan Tanjung Agung - Pagar Agung - Danau Liang - Mubai (PGE) - Mangkurajo - Bukit Daun untuk wilayah Kabupaten Lebong. Selanjutnya jalan Sumber Rejo Transad - Kampung Melayu - Baru Manis - Air Pikat - Tebat Tenong Dalam - Tebat Pulau - Air Lanang, untuk Kabupaten Rejang Lebong. Kemudian jalan Tanjung Alam untuk Kabupaten Kepahiang dan jalan Karang Are - Raja Besi - Taba Gumantung - Pondok Kubang, untuk Kabupaten Bengkulu Tengah. (CE2)

Sumber: