Musrenbang Minim Program Keagamaan

Musrenbang Minim Program Keagamaan

Ismul Kholidin

CURUP, CE - Pihak Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Curup menyayangkan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa maupun tingkat Kelurahan, minim usulan program keagamaan. Padahal saat ini penyuluh agama Islam (PAI) cukup banyak dan siap mendampingi di dalam menjalankan program tersebut.

Disampaikan Kepala KUA Kecamatan Curup, Ismul Kholidin bahwa pihaknya setiap ada kegiatan musrenbang selalu menyampaikan masalah program keagamaan.

"Ya kita selalu sampaikan masalah program keagamaan saat kita menghadiri musrenbang apalagi saat ini sudah banyak penyuluh yang siap mendampingi," sampainya.
Ismul juga mengatakan bahwa PAI yang ada di kecamatan Curup hingga saat ini semuanya bertugas secara profesional.

"Ya kedelapan orang PAI Non Pegawai Negri Sipil yang ada disini sudah menjalankan tugasnya dengan cukup baik dan mereka juga aktif menyampaikan laporan tiap bulannya baik secara online kepusat maupun berbentuk prinanan dan diwaktu hari senen mereka juga ikut apel dan beraktifitas di kantor sedangkan untuk hari-hari lainnya mereka beraktifitas dilapangan untuk melakukan penyuluhan terhadap perangkat agama seperti guru ngaji," katanya.

Menurutnya dengan adanya kenaikan pada gaji para PAI, Isnul berharap dapat menjadi motivasi bagi para PAI untuk lebih berinovasi dan berkreasi di dalam menjalankan tugasnya bahkan pihaknya juga sudah mengusulkan salah satu PAI untuk mengikuti lomba PAI Non PNS teladan.

"Ya kalau bisa mereka lebih berinovasi dan berkreasi lagi didalam melakukan penyuluhan, bahkan kita sudah mengusulkan Drs Rizaldin penyuluh di kelurahan Air Putih Lama untuk menjadi perwakilan kecamatan curup mengikuti lomba PAI Non PNS teladan tingkat kabupaten dan kalau menang bisa lanjut ke tingkat provinsi, hal ini kita lakukan karena kita menilai bapak Rizaldin ini aktif seperti sering menyampaikan khutbah, cerama agama hingga mengisi pengajian jadi kita yakin dengan pengalamannya tersebut," pungkasnya.(CW1)

Sumber: