Cek Kesehatan Hewan Kurban

Cek Kesehatan Hewan Kurban

CURUP, CE - Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Curup, Kabupaten Rejang Lebong tengah memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang pelaksanaan Idul Adha 1441 H.

Kepala UPT Puskeswan Curup, drh Firi Asdianto mengatakan bahwa pengecekan kesehatan tersebut, guna memastikan hewan kurban yang bakal disembelih itu sehat dan aman dikonsumsi.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, sepekan sebelum pelaksanaan Idul Adha kita rutin melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban," ujarnya kepada wartawan.

Menurut Firi, pengecekan kesehatan hewan kurban tersebut guna memastikan tidak ada yang terinfeksi penyakit menular. Terutama hewan kurban yang dibeli dari luar daerah.

"Kalau untuk yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, khususnya di pasar hewan itu rutin kita laksanakan pemeriksaan. Tidak hanya menjelang pelaksaan Idul Adha," sampainya.

Lanjut Firi, bukan hanya menjelang pelaksanaan Idul Adha namun pada hari H pelaksanaan juga kembali dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan menurunkan petugas yang dibagi beberapa tim.
"Termasuk kita juga mensosialisasikan bagaimana penyembelihan hewan kurban yang baik, pendistribusian dan sebagainya. Jangan sampai, hewan kurban yang disembeli tidak sehat," katanya.
Sementara itu, Firi berharap hewan kurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha semua dalam keadaan sehat sehingga aman dikonsumsi. (CE5)

Sumber: