Sekolah Diminta Laksanakan Luring

Sekolah Diminta Laksanakan Luring

CE ONLINE - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kepahiang mengimbau pada sekolah SD dan SMP untuk tetap melaksanakan sistem pendidikan belajar dari rumah (BDR), dan belum melaksanakan sistem pembelajaran tatap muka (PTM).

Hal ini disampaikan Kadis Dikbud Kepahiang Dr Hartono, M.Pd, melalui Kabid Dikdas Nining F Pasju, S.Pt melihat pada perkembangan wabah Corona yang masih saja terjadi dan belum ada tanda-tanda akan berakhir.
"Demi keselamatan bersama, BDR dulu lah sampai nanti Satgas Covid, memberikan izin untuk PTM," kata Nining.

Sampai kapan BDR dikatakan Nining, sampai dengan pandemi Corona kembali melanda, atau sampai ada izin dari Satgas. Selama kasus pandemi masih tinggi dan belum ada izin dari Satgas PTM di sekolah belum akan dilaksanakan. Bagi sekolah-sekolah yang belum bisa menerapkan sisten BDR atau daring, lanjut Nining, diminta untuk berinovasi, agar peserta didik tetap bisa pembelajaran meski adanya batasan belajar tatap muka. Karena menurut Nining, tidak semua sekolah di Kepahiang yang siap melaksanakan sistem BDR.

"Kendala kita, dengan sistem pembelajaran jarak jauh ini, tidak semua wilayah, yang memiliki jaringan internet yang kuat, dan tidak semua orang tua atau siswa yang siap dengan segala sarana dan prasarananya," ujarnya.
Kendala tersebut dikatakan Nining, diharapkan dapat diatasi oleh pihak sekolah dengan melaksanakan sistem belajar luring, namun tidak tatap muka. Metodenya ialah lembar tugas diberikan kepada peserta didik setiap pekannya.

"Kalau tidak bisa dilaksanakan daring, lakukan dengan metode luring, ialah lembar tugas dan materi belajar diberikan kepada anak peserta didik, lebih memungkinkan lembar tugas diambil orang tua ke sekolah," jelasnya.
Inovatif sekolah selama pembelajaran jarak jauh ditengah pandemi ini lanjut Nining, sangatlah agar anak peserta didik tetap melaksanakan kegiatan belajar di rumah, peran serta orang tua juga diperlukan.
"Bagaimana sekolah juga dapat membangun komunikasi dengan wali murid agar sistem belajar daring dan luring, bisa berjalan efektif sebelum dilaksanakannya PTM," sampainya. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: