Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa Diberikan 1 Tahun Full

Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa Diberikan 1 Tahun Full

CE ONLINE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong, menyampaikan jika Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) selama 12 bulan atau satu tahun full untuk masyarakat yang menjadi penerima tahun 2020 lalu. Hal ini sendiri sesuai dengan aturan terbaru.
“Sesuai dengan aturannnya BLT itu diberikan selama 12 bulan untuk penerima dimasing-masing desa yang ada di Rejang Lebong,” sampai Kadis PMD Rejang Lebong Suradi Rifai, Minggu (28/2) kemarin di Rejang Lebong.

Dikatakannya jika aturan penerimaan BLT tersebut jelas tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dan Desa.

Beleid tersebut menggantikan PMK nomor 156/2020 yang merupakan perubahan ketiga atas PMK 205/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa.
“Aturan yang ditandatangani Menkeu ini didalamnya, salah satunya mengatur tentang besaran BLT dana desa, yakni diberikan 12 bulan dengan besaran Rp 300 ribu,” ungkapnya.

Dimana ini sendiri akan disalurkan pihak desa dalam waktu dekat ini, usia proses pencairan DD dan ADD yang sedang diusulkan pihak desa saat ini, pada pihaknya dan Pemkab Rejang Lebong.
“Karena saat ini sejumlah desa sudah melakukan pemberkasan dan mungkin pekan ini sudah bisa dicairkan, jika tidak ada kendala berarti,” jelasnya.

Dimana untuk DD dan ADD tahun ini sendiri memang tidak begitu banyak untuk kegiatan fisik, melainkan untuk penyelesaian penanganan covid-19 di Rejang Lebong. Dimana tahun ini dua aturan sudah keluarkan seluruhnya untuk penanganan covid-19 lewan anggaran DD dan ADD, sehingga pihaknya juga akan memantau dan mengawasi jalannya kedua anggaran tersebut agar sesuai peruntukannya di Rejang Lebong ini untuk pengenatas penanganan covid 19.
“Temasuk juga untuk rumah isolasi untuk masyarakat didalamnya,” jelasnya.

Serta pihaknya juga mengimbau pada pemerintah desa untuk sesegera mungkin dalam pemberkasan yang ada, sehingga jika pemberkasan selesai bisa langsung melalukan pencairan dan langsung merealisasikan. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: