Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua, Giliran TNI-Polri Hingga Wartawan Disuntik

Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua, Giliran TNI-Polri Hingga Wartawan Disuntik

CE ONLINE - Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tahap kedua saat ini sedang berlangsung di Kabupaten Lebong. Berdasarkan informasi yang di himpun saat ini vaksinasi tahap kedua sasarannya yaitu TNI dan Polri hingga Wartawan.

Informasi diperoleh CE, bahwa kegiatan vaksinasi tahap kedua tersebut di bagi menjadi 3 titik masing-masing di Puskesmas Taba Atas, Puskesmas Muara Aman, dan Puskesmas Tes. Sebelum diberikannya vaksin tahap kedua tersebut Ratusan perseonil TNI, Polri dan Wartawan di Kabupaten Lebong ini wajib menjalani 4 tahapan mulai dari Skrining, Pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh, penyuntikan Vaksinasi, pencatatan.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rachman SKM, melalui Kasubbid Surveilans dan Imunisasi, Donny Novriansyah mengatakan jika pada hari Rabu (10/3) kemarin, total sasaran vaksinasi tahap 2 untuk TNI sebanyak 87 personel, dan Polri sebanyak 269 personel. Vaksinasi tahap kedua suntikan pertama ini sebanyak 123 orang. Sedangkan, 15 orang lagi ditunda karena belum memenuhi syarat.
"Acaranya serentak hari ini melibatkan 123 orang di antaranya Polres sebanyak 51 orang, TNI sebanyak 68 orang dan yang ditunda itu ada 15 orang. Sedangkan wartawan 4 orang," katanya.

Lebih lanjut Pihaknya mengatakan jika vaksin Sinovac yang disiapkan sebanyak 90 vial vaksin tetap akan diprioritaskan untuk sekitar 450 orang yang belum mendapatkan vaksin pada tahap pertama.
"Jadi, 450 orang untuk 2 kali vaksinasi totalnya 900. Sebanyak 1 vial untuk 10 orang," bebernya.

Walau telah menargetkan selesai, ia menambahkan penyuntikan vaksin akan tetap dilaksanakan esok hari bila masih ada calon penerima yang belum disuntik.
"Karena vaksin tahap 2 untuk Kabupaten Lebong masih sedikit. Nanti, untuk tahap selanjutnya kan masih ada, jadi bagi yang berhalangan hadir nantinya akan menyusul" tutupnya.

Disisi lain Kepala Puskesmas Muara Aman Febri Mandeka mengungkapkan jika vaksin ini diambil dari dinas kesehatan, yang mana sesuai dengan Surat Edaran Dinas Kesehatan untuk mengadakan vaksinasi tahap kedua serentak di 3 titik di Wilayah Lebong termasuk di Puskesmas Muara Aman ini.
"Selama proses vaksinasi di sini, berjalan dengan kondusif dan aman dan juga untuk tenaga ahli yang bertugas pun sudah profesional," ungkapnya.

Untuk itu ia mengharapkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 berjalan lancar sampai pada tahapan tahapan selanjutnya memvaksinasi masyarakat Indonesia.
"Kami harapkan kerja sama dari semua pihak untuk kelancaran vaksinasi COVID-19, dan sampai pada tahapan pemberian vaksin selanjutnya hingga sampai kepada masyarakat Umum nantinya, adapun manfaatnya yaitu untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, menjaga produktifitas serta meminimalkan dampak sosial dan ekonomi," tutupnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: