Hujan Deras, Dua Rumah Warga Nyaris Ambruk

Hujan Deras, Dua Rumah Warga Nyaris Ambruk

CE ONLINE - Hujan deras yang melanda Kabupaten Lebong sepanjang Minggu (23/3) malam mengakibatkan tebing tepian Sungai air kotok di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara mengalami longsor.

Akibat nya salah satu rumah milik warga setempat pun terkena dampak, dimana pondasi bangunan rumahnya mengalami ambruk. Mamad (48) salah seorang pemilik rumah terdampak longsor menyampaikan, jika setiap hujan lebat tanah yang berada di lokasi tersebut terus mengalami kerontokan.

Ketika itu, ia tengah bersantai di ruang keluarga di rumah itu. Kemudian, berbarengan dengan suara hujan, terdengar gemuruh dari arah belakang rumahnya.
"Seperti gempa cak tunah aku nih kan lagi santai sambil ngopi, pikir aku gempa dak taunyo tanah belakang rumah aku ambruk," katanya.

Seperti di ketahui jika penyebab longsornya tanah belakang rumahnya akibat tebing pelapis yang di kerjakan pada tahun 2020 silam yang mana pekerjaannya belum selesai.
"Bagian yang belum selesai itu terdapat tepat di belakang rumah saya yang mana sebagai penahan sungai air kotok ini, karena bagian mengarah desa tunggang tersebut sudah selesai dikerjakan," ujarnya.

Maka dengan itu pihaknya berharap kepada pemerintah untuk dapat menyelesaikan proyek yang belum terselesaikan itu sehingga dampak dari longsor tidak terjadi di rumahnya.

Hal serupa pun di alami warga Desa Loka Sari Kecamatan Lebong Utara yang mana Satu unit rumah milik Tanta (40) saat ini kondisinya mengawatirkan dan terancam ambruk.

Pasalnya, rumah yang posisinya di bawah tebing itu kini mulai ditumbur tanah yang bergeser. Hal itu, dikarenakan curah hujan yang mengguyur daerah Lebong saat ini. Maka, dari itu diminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong segera turun ke lokasi untuk melakukan penanggulangan tanah yang terus turun menimpah rumah warga itu.
"Saat ini dinding dapur rumah saya sudah retak akibat ditumbur tanah yang mulai bergeser, karena posisi rumah di tebingan," ujarnya,

Atas kondisi itu, dia berharap, Pemkab Lebong melalui dinas terkait agar segera turun kelokasi melakukan penanggulangan. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: