Tingkatkan PAD Wabup Minta Reklame Didata

Tingkatkan PAD Wabup Minta Reklame Didata

CE ONLINE - Berbagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari Pajak Reklame terus dilakukan. Pendataan terus dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan potensi pajak reklame.

Atas hal tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Drs. Fahrurrozi, M.Pd ia meminta kepada Bidang Pendapatan, Badan Keuangan Daerah (BKD) melakukan pendataan jumlah pengguna papan merk atau reklame. Baik yang ada di pasar, tepi jalan raya maupun tempat strategis lainnya.

”Kita minta untuk dapat didata dulu ke lapangan supaya tahu berapa jumlah sebenarnya,” katanya.

Jika hanya mengandalkan data perizinan yang ada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dipastikannya tidak akan sinkron. Mengingat reklame yang berjejer di tempat-tempat strategis itu, terindikasi banyak yang tidak membayar pajak alias tidak punya izin.
”Jadi BKD harus turun ke lapangan, jangan menunggu,” terangnya.

Ditambahkan Wabup, setelah semua data reklame dikantongi, ia meminta BKD melakukan pemetaan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak reklame. Bukan tanpa alasan, masalah pajak reklame yang minim itu selalu mencuat setiap penghujung tahun. Namun tidak pernah riil datanya ketika sudah disusun ke dalam pos PAD. Karena menurutnya terkait dengan reklame itu sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lebong Nomor 3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Reklame telah diatur mengenai sanksinya. Termasuk Perda Kabupaten Lebong Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pajak Daerah.

"Pendataan ini juga sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengenaan Pajak Reklame kepada Objek yang telah memenuhi ketentuan. Karena masih ada sebagian warga yang berpendapat ketika mendirikan papan nama di lokasinya sendiri tidak dikenakan pajak. Padahal tidak demikian halnya. Ketika memenuhi kriteria reklame tetap dikenakan pajak reklame," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: