Ombudsman Minta OPD Tingkatkan Pelayanan

Ombudsman Minta OPD Tingkatkan Pelayanan

CE ONLINE - Ombudsman meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lebong untuk meningkatkan pelayanan publik. Dimana pelayanan publik merupakan tujuan utama yang harus dilakukan OPD.

Dijelaskan oleh perwakilan Ombudsman Provinsi Bengkulu Herdi Puryanto,SE bahwa untuk saat ini pihaknya memfokuskan terhadap pelayanan dasar di seluruh Kabupaten kota. Mulai dari pendidikan,kesehatan, capil dan lain sebagainya.
"Kita lakukan survey kepuasan hari ini, karena yang kita akan melihat bukan masalah bagus atau tidak suatu pelayanan, tapi kita liat kalau ada pengaduan masyarakat respon nya seperti apa, jadi penilaian ini tidak akan mengugurkan suatu pelayanan itu tidak bagus, yang pastinya kita melihat pengaduan dan respon nya seperti apa itu yang paling penting," tuturnya.

Pelayanan bisa dipermasalahkan, kata Herdi jika suatu pelayanan tidak bisa menyelesaikan suatu pengaduan atau permasalahan. Terlebih jika hal ini tidak bisa dilayani dengan baik maka ini bisa dipermasalahkan.
"Jika satu pengaduan tidak beres maka itu masalah, karena kita ketahui tindak lanjut respon yang paling penting," singkatnya.

Selain itu, untuk laporan masyarakat ke ombudsman 2 tahun terakhir. Dirinya memastikan tidak terlalu signifikan banyak. Terlebih laporan 2 tahun terakhir terfokus ke pelayanan dasar seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan.
"Tidak terlalu siginifikan untuk di Lebong 2 tahun terakhir ini, dan untuk jumlah juga bisa dibilang tergolong kecil, akan tetapi meskipun kabupaten Lebong bisa dikatakan zona hijau terhadap pelayanan dan minim pengaduan ke ombudsman, tapi hal ini tidak bisa dianggap sepeleh, maka dari itu harus dipertahankan," katanya.

Disinggung masalah yang pernah ditangani oleh ombudsman sebelumnya untuk di kabupaten Lebong diantaranya masalah perizinan PT-MAH daerah Rimbo Pengadang terkait penggunaan aplikasi OSS. Sedangkan untuk sektor pendidikan dan kesehatan pada tahun 2020 pihaknya tidak terima laporan.
"Untuk sektor pendidikan sama kesehatan kita tidak menerima laporan pada tahun 2020, mungkin keterbatasan akses mungkin karena covid-19. kita tidak beranggapan itu sudah bagus, intinya pelayanan bisa dikatakan bagus ketika sejauh pelayanan direspon," demikian Herdi. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: