Bupati Salurkan 10 Unit Alsintan, Harapkan Panen 2 Kali Setahun

Bupati Salurkan 10 Unit Alsintan, Harapkan Panen 2 Kali Setahun

CE ONLINE - Pemerintah Kabupaten Lebong menyerahkan 10 unit bantuan Alsintan berupa power traser (Alat perontok padi) kepada 10 kelompok tani yang ada wilayah Kabupaten Lebong.

Dimana penyaluran bantuan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah menunjang upaya peningkatan produksi padi kepada kelompok tani.

Bupati Lebong, Kopli Ansori mengatakan kepada seluruh masyarakat Lebong untuk dapat mempersiapkan diri dalam program upaya pemerintah daerah untuk mencoba meningkatkan produksi sektor pertanian berupa persawahan dengan hasil unggulan padi/beras.
"Kita sudah mempersiapkan beberapa strategi terkait upaya untuk itu yakni dengan mengerahkan perburuan hama tikus yang akan dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Dimana nantinya hasil dari perburuan hama tikus tersebut akan dibeli oleh pemerintah daerah melalui OPD terkait," ujarnya.

Selanjutnya Kopli juga menyebut selama ini upaya pemerintah daerah menjamin kemungkinan gagal pada program tanam dua kali dalam setahun tersebut tersebut belum terealisasikan.

Akan tetapi Kopli meminta kepada masyarakat dapat terus mencoba program tanam 2 kali dalam setahun dan sebagai imbalannya pihak pemerintah akan memberikan garansi kerugian bagi masyarakat Lebong bila terjadi kegagalan dalam upaya tanam dua kali dalam setahun.
”Saya minta masyarakat menumbuhkan semangat kerja dan tanamkan keyakinan upaya tanam dua kali setahun bisa berhasil. Tidak ada yang tidak mungkin, jika kita mau bekerja keras dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Semua ini adalah untuk kebahagian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lebong,” katanya.

Lebih lanjut untuk membuat petani bersemangat dalam memproduksi kualitas padi yang baik, Kopli Ansori berpesan kepada kelompok tani agar mesin padi ini bisa dimanfaatkan dan di gunakan bersama sama serta jangan di salah gunakan.
"Pesan saya pemberian ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada Masyarakat petani ya saya harap jangan di salah gunakan atau di alihkan untuk kepentingan pribadi usakanlah untuk di pergunakan bersama-sama," katanya.

Seperti di ketahui Alsintan atau mesin perontok padi ini bersumber dari dana APBN yang mana pemberian langsung dari kementrian di tahun 2021 kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Maka dengan penyaluran ini nantinya pemerintah daerah akan memberikan pembelian alsintan yang sama juga guna merealisasikan upaya pemerintah untuk peningkatan produksi panen dua kali dalam satu tahun.
"Ya kita akan beli lagi mesinnya dan kalau bisa setiap kelompok tani mempunyai sehingga peningkatan produksi panen dua kali dalam satu tahun bisa tercapai," tandasnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: