Pengumuman Kelulusan SD dan SMP Usai Lebaran

Pengumuman Kelulusan SD dan SMP Usai Lebaran

CE ONLINE - Meski pembelajaran tatap muka dalam satu tahun terakhir ini, hanya dapat dilaksanakan dalam waktu yang sangat singkat, yang disebabkan karena adanya wabah pandemi Covid-19.

Namun Kalender akademik sistem pendidikan nasional, tetap harus berjalan sebagaimana mestinya. Karena itu dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang Nining F Pasju, M.Si, Kemendikbud RI telah menetapkan jadwal kelulusan bagi peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang baru akan dimumkan pada Juni mendatang atau setelah libur sekolah berkenaan denngan perayaan lebaran idul fitri 1442 H/2021 M.
"Berdasarkan kalender pendidikan, Maret hingga April, baru saja dilaksanakan disetiap jenjang SD dan SMP, baik itu berupa ujian sekolah, praktek, keahlian, atau fortopolio, yang pelaksanaannya sendiri diserahkan kepada satuan pendidikan masing-masing baik secara luring daring," ungkap Nining.

Dijelaskannya, berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No 1 tahun 2021 , menyatakan ujian nasional (UN0 ditiadakan bagi semua jenjang mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA / SMK. Sehingga penentuan kelulusan peserta didik sepenuhnya ditetapkan oleh satuan pendidikan masing masing disetiap jenjang.
"Nanti penentuan kelulusannya diserahkan kesekolah dengan memperharikan nilai rapor tiap semester, nilai perilaku / perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang baru selesai dilaksankan beberara waktu lalu," ujarnya.

Masih dikatakan Nining, berdasarkan kalender akademik 2020-2021, untuk pengumuman kelulusan jenjang pendidikan yang masih menjadi wewenang Pemda kabupaten, yaitu SD dan SMP, baru dilaksanakan di Juni mendatang. Yang diperkirakan Nining pelaksanaannya untuk pengumuman kelulusan SD dan paket A ditetapkan pada 15 Juni 2021, sedangkan SMP dan paket B pada 4 Juni 2021.
"Setelah lebaran ini , akan diumumkan, tapi karena situasinya belum memungkinkan, kemungkinan besar pengumumannya dilakukan secara online, tidak langsung dan ini menghindari adanya kerumunan yang berpotensi dapat menjadi klaster penyebaran corona," tukas Nining (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI SOSIAL MEDIA CURUP EKSPRESS DIBAWAH INI:

Sumber: