Puskesmas Siapkan 1 Ruang Isolasi

Puskesmas Siapkan 1 Ruang Isolasi

CE ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, mewajibkan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini menyikapi, meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong termasuk ruangan di sejumlah rumah sakit termasuk Kabupaten Rejang Lebong penuh.
"Secara konsep (Puskemas, red) memang tidak diperbolehkan untuk isolasi. Namun ketika keadaan darurat masa kita biarkan," sampai Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM.

Menurut Syamsir, hal tersebut guna mengantisipasi kelebihan daya tampung yang dan kapasitas ruangan yang ada di RSUD Curup. Karena beberapa hari belakangan, Rumah Sakit di Provinsi Bengkulu hampir seluruhnya penuh termasuk RSUD Curup.

Khusus untuk Kabupaten Rejang Lebong, kata Syamsir bahwa selain meminta Puskesmas untuk bersiap dan menyiapkan ruang isolasi, sebelumnya juga Pemkab Rejang Lebong meminta RS Swasta yakni RS Annisa untuk membantu menerima rujukan dari RSUD Curup.
"Bahkan 1 hari dibuka, RS Annisa juga hampir penuh. Oleh karena itulah, Puskesmas juga kita minta untuk menyiapkan. Hal ini juga menyikapi rapat Satgas Covid-19 beberapa waktu lalu, sebagai antisipasi RS Penuh," sampainya.

Sementara itu, kata Syamsir bahwa per Sabtu (3/7) kasus konfirmasi mencapai 1.327 kasus dari total 4.675 sampel yang diperiksa di lab PCR. Namun ditegaskan syamsir, diketahui 1.179 kasus dinyatakan sembuh, 26 kasus meninggal dunia (MD).
"Sehingga total kasus konfirmasi atau masih menjalani isolasi hingga saat ini 122 kasus. Mudah-mudahan 122 kasus ini, segera mungkin pulih dari Covid-19 sehingga bisa kembali beraktivitas seperti biasa," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: