Antrian Tes Usap 600 Sampel

Antrian Tes Usap 600 Sampel

CE ONLINE - Setidaknya hingga hari ini, ada 600 sampel warga Kabupaten Rejang Lebong yang mengantri di RSUD Curup untuk dilakukan pemeriksaan tes usap atau PCR. Hal tersebut guna memastikan warga terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau tidak. Ini sebagaimana diungkapkan Direktur RSUD Curup, dr Samiri.
"Sampai saat ini, antrian sampel yang bakal kita periksa di RSUD Curup ada kurang lebih 600 sampel," ujarnya kepada wartawan, Selasa (13/7).

Menurut Dr Samiri, bahwa 600 sampel tersebut merupakan hasil tracing yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong. Dimana terjadinya penumpukkan karena sebelumnya tidaknya ada consumable. Namun hal tersebut, hanya terjadi beberapa hari dan saat ini sudah bisa dilakukan kembali.
"Mulai hari Senin kemarin, itu kembali kita lakukan lagi," sampainya.

Lanjut Dr Samiri, bahwa pemeriksaan sampel ini dilakukan di Lab PCR Kontainer yang dibeli Pemkab Rejang Lebong beberapa waktu. Sedangkan untuk TCM yang diintegrasikan menjadi PCR saat ini mengalami beberapa kendala seperti ada kerusakan. Sehingga RSUD hanya menggunakan Lab PCR Kontainer.
"Dalam sehari. Dengan lab PCR kontainer ini, kita dapat melakukan pemeriksaan terhadap 100 sampel," katanya.

Sementara itu, kedepan dr Samiri berharap pemeriksaan sampel kedepan tidak ada kendala lagi. Sehingga setiap hari bisa dilakukan pemeriksaan sampel.
"Selain itu, kami menginformasi RSUD Curup mendapat bantuan 1 unit alat PCR lagi. Namun belum bisa kami fungsikan, karena ruangan sesuai petunjuk atau standar penempatan PCR belum ada. Oleh karena itu, kami juga telah berkoordinasi dengan Dinkes terkait hal tersebut," pungkasnya. (**)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: