11 PAUD jadi Sekolah Negeri

11 PAUD jadi Sekolah Negeri

CE ONLINE - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, terbaru telah menjadikan 11 PAUD swasta menjadi PAUD negeri. PAUD tersebut telah menjadi sekolah penggerak ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong.

Kepala Disdikbud Rejang Lebong Khirdes Lapendo Pasju, S.S.TP., M.Si, melalui Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal, Dra. Meli Resmani, M.Si kepada wartawan, menjelaskan program sekolah penggerak adalah program transformasi menuju sekolah yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM), gedung sekolah dan sarana prasarana (Sapras).
"Terbaru saat ini kita sudah negerikan 11 PAUD yang mulanya swasta. Sebelumnya sudah ada 3 PAUD negeri, jadi sekarang ada 14 PAUD negeri di Kabupaten Rejang Lebong," ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk menjadikan pendidikan PAUD di Kabupaten Rejang Lebong lebih maju dan berkualitas.
"Ya sehingga bisa setara dengan sekolah-sekolah PAUD yang ada di kota-kota besar. PAUD yang telah kita negerikan seperti Pertiwi dan GOW," terangnya.

Dirinya melanjutkan, ada banyak pertimbangan yang harus di sahkan dalam penegerian sekolah PAUD. Salah satunya PAUD yang ada di kawasan kota memiliki lahan milik pribadi.
"Selain itu managemen sudah baik, ya meskipun dari segi SDM ataupun sarprasnya belum maksimal. Mereka itulah yang akan mendapat perhatian dari pemerintah, merubah secara bertahap," ujarnya.

Meli menambahkan bahwa, dalam menjalankan dan mensukseskan program kenegerian itu pihaknya berpedoman pada Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur tentang otonomi daerah.
"Secara khusus memang tidak ada dasar hukum penegerian sekolah PAUD swasta, tetapi kami memakai dasar hukum otonomi daerah yang telah diserahkan sepenuhnya kepada Disdikbud daerah," pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: