Minim Dokter Spesialis, Peningkatan Tipe C RSUD Terkendala

Minim Dokter Spesialis, Peningkatan Tipe C RSUD Terkendala

CE ONLINE - Minimnya Dokter Spesialis dalam peningkatan tipe di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong nampaknya, menjadi pekerjaan rumah (PR) yang sulit bagi Pemkab Lebong. Pasalnya saat ini peningkatan tipe RSUD di Lebong hanya memiliki standar tipe D.

Sedangkan untuk menuju tipe C sepertinya tahun ini belum terealisasi. Bahkan saat ini jumlah dokter yang dimiliki RSUD Lebong belum memungkinkan untuk diusulkan peningkatan tipe tersebut.
“Tenaga dokter spesialis yang ada di RSUD saat ini masih menggunakan pendayagunaan Dokter Spesialis (PDGS) dari Kemenkes dengan kontrak 1 tahun sedangkan Dokter umum ada 2 orang dan mereka menetap di Lebong dan juga Untuk dokter spesialis patologi klinik dan forensik hanya menetap sementara waktu di Lebong. Kalau dokter bedah dan THT, mereka berdomisili di Rejang Lebong,” ungkap Plt. Direktur RSUD Lebong, Rachman, SKM, M.Si, melalui Kasubag Kepegawaian dan Humas, Feri Hodlin, S.Kep.

Ditambahkannya, Untuk realisasi itu sendiri peningkatan tipe RSUD dari tipe D ke tipe C ini, setidaknya harus memiliki dokter bedah, dokter anak dan dokter penyakit dalam. Tenaga dokter ini, harus siap bekerja penuh waktu dan berdomisili di daerah kerja (Lebong, red).
“Seperti dokter bedah, paling tidak RSUD harus menyiapkan dua orang PNS yang berdomisili di Lebong, belum lagi untuk dokter spesialis lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter spesialis berdomisili di Lebong, kata pria yang akrab disapa Delin ini, yang bisa dilakukan daerah yakni dengan menyekolahkan putra-putri Kabupaten Lebong yang sejalan dengan program Bupati menyekolahkan 30 dokter umum menjadi dokter spesialis.
“Kelemahan dari dokter SDGS ini karena mereka tidak bisa bekerja penuh waktu, sehingga bisa berdampak pada pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tapi, sejauh ini kehadiran dokter SDGS ini sangat membantu bagi pelayanan kesehatan masyarakat meskipun kunjungan dokter ini sesuai dengan jadwal yang ada,” tutupnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: