Dispar Siapkan 21 Desa Wisata, Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Dispar Siapkan 21 Desa Wisata, Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

CE ONLINE - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong mempersiapkan 21 desa wisata untuk mengikuti ajang lomba desa wisata tingkat provinsi. Dimana pergelaran lomba desa wisata itu akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti.

Demikian disampaikan Kepala Dispar Kabupaten Rejang Lebong, Dra. Upik Zumratulaini, M.Si ketika disambangi wartawan, Rabu (22/9) kemarin.
"Ya kita lagi mempersiapkan desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 21 desa wisata yang tersebar di seluruh kecamatan," sampai Upik.

Adapun desa yang dimaksud antara lain, Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi, Desa Empat Suku Meranti Kecamatan Sindang Dataran, Desa Tanjung Sanai I Kecamatan PUT, Desa Apur Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Desa Balai Butar Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Desa Suka Merindu Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang, Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang, Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya, Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara, Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya, Desa Pal Delapan Kecamatan Bermani Ulu Raya, Desa Tabarenah Kecamatan Curup Utara, Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan, Desa Sumberejo Transad Kecamatan Bermani Ulu Raya, Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi, Desa Kampung Sajad Kecamatan Bermani Ulu, Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu, Desa Sentral Baru Kecamatan Bermani Ulu Desa Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang dan Desa Mojerejo Kecamatan Selupu Rejang.
"Upaya yang sudah kita lakukan adalah dengan membagikan informasi ke grup WhatsApp desa wisata sekitar sepekan yang sudah, terkait adanya lomba tingkat provinsi dan persyaratan yang harus dilengkapi oleh setiap desa agar bisa ikut serta. Selain itu kita juga sudah menghubungi secara personal ke masing-masing desa," paparnya.

Upik melanjutkan, sampai hari ini (kemarin red) baru ada 2 desa wisata yang menyetujui untuk ikut serta dalam ajang lomba desa wisata tingkat provinsi Bengkulu tersebut. Kedua desa itu diantaranya Desa Belitar Seberang dan Desa Sumber Urip.

Terkait persyaratan yang wajib dipenuhi oleh desa wisata terdapat 4 syarat utama. Pertama, sudah ditetapkan dengan keputusan kepala daerah atau keputusan kepala desa. Kedua, surat rekomendasi mengikuti lomba desa wisata dari Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota. Ketiga, mengisi data orientasi lapangan wajib dilampiri dengan foto. Keempat, SK Kades tentang penunjukan pengelola desa wisata kepada Pokdarwis.
"Inti utama persyaratannya itu, tapi masih ada 17 persyaratan lagi namun itu sifatnya hanya tembahan," ujarnya.

Pihaknya optimis beberapa desa perwakilan Kabupaten Rejang Lebong bisa juara atau minimal masuk 3 besar. Adapun desa wisata yang diyakini juara tersebut yakni Desa Belitar Seberang, Desa Sumber Urip dan Desa Empat Suku Meranti.
"Kami Dispar optimis 3 desa yang disebutkan itu salah satunya juara, atau minimal 3 besar," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: