Puting Beliung Hantam Kelurahan Air Duku, 3 Atap Rumah Rusak

Puting Beliung Hantam Kelurahan Air Duku, 3 Atap Rumah Rusak

CE ONLINE - Warga di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang dikagetkan dengan peristiwa angin puting beliung pada Selasa (28/9) kemarin. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB di RT 15 Kelurahan Air Duku. Beruntung pada kejadian kali ini tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja membuat atap rumah 3 warga nyaris beterbangan. Menurut warga sekitar, kejadian serupa sudah pernah terjadi sebelumnya.
"Ini merupakan kali kedua terjadi di RT 15, RW 6 kelurahan Air Duku ini," ungkap Jon.

Disampaikannya angin puting beliung ini berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Dimana pihaknya selaku warga dalam kurun waktu tersebut merasa sangat khawatir.

Disisi lain Camat Selupu Rejang, Drs R Muh Arif Mulyadi menyampaikan pasca mendapati kabar terjadinya angin puting beliung tersebut, pihaknya langsung turun kelokasi. Atas kejadian ini disampaikan Camat, pihaknya mendapati jembatan bambu didaerah tersebut nyaris rusak, akibat hantaman angin puting beluing membuat rumpun bambu didekat jembatan tersebut roboh.
"Untuk korban jiwa, alhamdulillah tidak ada. Hanya saja areal perkebunan sayur milik petani rusak berat dan terancam gagal panen. Sementara itu 1 unit jembatan bambu yang sering dipergunakan warga sekitar nyaris putus akibat hantaman rumpun bambu yang roboh akibat angin puting beliung ini," ungkap Camat.

Terpisah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang bisa saja terjadi. Selain bencana banjir dan tanah longsor bisa juga hujan lebat juga terkadang disertai dengan angin kencang atau angin puting beliung. Yang mana hal itu bisa menyebabkan pohon tumbang dan dapat merusak atap bangunan.
"Ini juga penting, bagi warga yang di sekitaran rumahnya ada pohon apalagi pohon besar bisa segera melakukan evakuasi atau ngungsi, apabila terjadi hujan disertai badai. Sebagai bentuk antisipasinya, warga bisa merapikan dengan memangkas dahan-dahan atau menebang pohon yang memang sudah besar dan tinggi," ujar Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, M. Budianto ketika dikonfirmasi CE, Selasa (28/9) kemarin.

Adapun wilayah-wilayah yang kerap menjadi langganan angin puting beliung adalah Kecamatan Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya dan Selupu Rejang. Dengan itu dirinya secara khusus kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang disebutkan di agar lebih waspada lagi.
"Bukan apa-apa, daerah itukan dataran tinggi. Dimana memang potensi angin kencang itu besar kemungkinan terjadi. Karena waktu itu pernah kejadian di wilayah kecamatan yang disebutkan tadi," tandasnya. (CW1/SR2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: