Pandemi Melandai, Ibadah Haji Optimis Bisa Digelar

Pandemi Melandai, Ibadah Haji Optimis Bisa Digelar

CE ONLINE - Jika melihat situasi saat ini dimana kasus Covid-19 mulai melandai, Kanwil Kemenag Provinsi optimis tahun depan pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) ke Tanah Suci bisa digelar. Ini sebagaimana diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu, Zahdi Taher melalui Kabid PHU, Intihan.
"Semua tergantung dengan kondisi kasus Covid-19 ini dan pemerintah kerajaan Arab Saudi. Jika keadaannya terus melandai, kita optimis rahun depan pemberangkatan CJH bisa dilaksanakan," ungkapnya.

Diketahui bahwa ada sebanyak 1.636 CJH yang saat ini menunggu giliran untuk menunaikan ibadah haji. Yang tentunya mereka sangat berharap agar tahun depan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah membuka akses untuk melaksanakan haji di Negaranya.
"Besar harapan kita bisa memberangkatkan jamaah haji, jika pandemi Covid-19 sudah mulai hilang. Kita berdoa, tentunya prokes nantinya tetap harus ada. Tahun depan, saat mendekati musim haji kita akan melihat bagaimana potensi untuk berangkat nantinya," ujarnya.

Sementara itu, untuk kuota haji Provinsi Bengkulu masih seperti tahun 2020 lalu meskipun sudah dua kali pembatalan pemberangkatan haji dilakukan. Namun sebelumnya Komisioner Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Rahmat Hidayat menyatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir degan batalnya pemberangkatan haji selama 2 tahun terakhir. Dimana uang tersebut dipastikan aman oleh pihak BPKH.
"Makanya kita lakukan desiminasi untuk mejelaskan bahwa pembatalan pemberangkatan jemaah haji, itu murni kebijakan dari Arab Saudi. Kemudian untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) para CJH dipastikan aman dan CJH tidak perlu was was," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: