BIMEX Baru Realisasikan 2 Kegiatan, Dari 18 Orientasi Bisnis

BIMEX Baru Realisasikan 2 Kegiatan, Dari 18 Orientasi Bisnis

CE ONLINE - Pasca badan hukum berubah status dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perusahaan Terbatas Daerah (Perseroda), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) BIMEX bisa direalisasikan 2 kegiatan, dari 18 item kegiatan orientasi bisnis. Dikatakan Direktur Utama PT BIMEX (perseroda) Ir. Frentindo keduanya yakni, operasional kepelabuhan serta stabilisasi harga dan pembinaan UMKM.
"Baru 2 yang bisa kita mulai, ini lantaran terlebih dahulu kita perlu menyiapkan perangkat, untuk mendapatkan nomor induk usaha dari Kementrian Hukum dan HAM," ungkapnya.

Adapun perangkat yang akan disiapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), mulai dari ADRT, Direksi hingga rencana kerja perusahaan.
Menurut Frentindo, setelah perusahaan mendapatkan nomor induk, tinggal lagi regulasi pendukung dan pendanaan.
"Untuk menjalankan 18 rencana bisnis salah satu perusahaan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu ini, membutuhkan regulasi tambahan. Apalagi saat ini kita bersama PT Pelindo II Bengkulu telah berjalan kerjasama jasa sewa alat berat dan menyusul jasa pembiayaan jembatan timbang batu bara di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu," ujarnya.

Terpisah Kepala Biro Perekonomian dan SDA Sekda Provinsi Bengkulu, Dr. Anzori Tawakal menjelaskan, terkait pembiayaan, Pemerintah Daerah (Pemda) selain mendorong memanfaatkan aset berupa lahan dan bangunan yang ada, kerjasama dengan pihak ketiga dan juga dukungan penyertaan modal dengan sumber dana dari APBD. Hanya saja, untuk mewujudkan pembiayaan tidak saja dari keuangan daerah, juga bisa perbankan, tentunya PT BIMEX terlebih dahulu harus melengkapi perangkatnya.
"Setelah perangkat PT BIMEX (perseroda), memang amanat Perda ada pembiayaan dari daerah. Tapi sebelumnya kondisi perusahaan harus benar-benar sehat dulu, baru dipertimbangkan dari dana daerah dan manajemen juga bisa memanfaatkan permodalan perbankan," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: