Pemprov Terus Kembangkan Perpustakaan Desa, Berbasis Inklusi Sosial

Pemprov Terus Kembangkan Perpustakaan Desa, Berbasis Inklusi Sosial

CE ONLINE - Pemprov Bengkulu melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah terus mengembangkan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Dikatakan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, Meri Sasdi Jantan M.Pd bahwa ditargetkan di Provinsi Bengkulu ini setiap desa minimal memiliki 1 perpustakaan.
"Sesuai amanah Peraturan Gubernur (Pergub) No 30 tahun 2019 tentang perpustakaan inklusi sosial. Makanya kita menargetkan kedepan agar setiap desa, setidak-tidaknya memiliki 1 perpustakan," sampainya.

Menurutnya, keberadaan perpustakaan juga menjadi literasi untuk kesejahteraan masyarakat dalam suatu desa. Dimana banyak ilmu yang bisa didapatkan masyarakat desa dengan keberadaan perpustakaan berbasis inklusi sosial.
"Perpustakaan menyediakan berbagai pengetahuan yang diperlukan oleh masyarakat pedesaan, misalnya seperti persoalan cocok tanam, pemilihan bibit unggul, perikanan dan lainnya," ungkap Meri.

Disamping itu, Ia menerangkan, saat ini Perpustakaan Kerano Kuncoro desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, berhasil meraih juara ketiga tingkat nasional dalam perlombaan perpustakaan desa/kelurahan terbaik yang diselenggarakan perpustakaan nasional. Tentu saja ini prestasi yang sangat luar biasa.
"Sesuai dengan arahan Pak Gubernur, kita berharap Perpustakaan Kerano Kuncoro ini dapat menjadi contoh ataupun teladan bagi desa/kelurahan lainnya di Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan peran perpustakaan. Karena itu tadi, perpustakaan berbasis inklusi sosial ini harapan awalnya sebagai literasi untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia menerangkan, keberhasilan Perpus Kerano Kuncoro ini dengan indikator seperti gedung, sarana dan prasaran, tenaga pengelola, literasi.
"Termasuk juga peran perpus sebagai pusat kegiatan masyarakat, dan memberikan dampak positif terhadap sektor lainnya melalui peningkatan SDM," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: