Replanting Ditargetkan 6 Ribu Hektar

Replanting Ditargetkan 6 Ribu Hektar

CE ONLINE - Pada tahun ini program replanting atau permudaan tanaman kelapa sawit milik petani dalam wilayah Provinsi Bengkulu ditargetkan seluas 6 ribu hektar. Sejauh ini pendataan masih terus dilakukan terhadap perkebunan kelapa sawit petani yang tersebar di kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selata, Kaur dan Rejang Lebong.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan mengatakan, pihaknya berharap target yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut dapat tercapai. Maka dari itu sampai dengan saat ini pendataan secara intensif masih terus dilakukan.
"Data para petani kelapa sawit itu terlebih dahulu diverifikasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait ditingkat kabupaten/kota. Setelah itu baru disampaikan kepada kita ditingkat provinsi, dan selanjutnya barulah disampaikan ke Kementan RI untuk mendapatkan persetujuan," ungkapnya.

Menurutnya, setelah mengantongi persetujuan dari Kementan RI melalui Dirjen Perkebunan, barulah dana hibah untuk peremajaan itu ditransfer ke rekening masing-masing kelompok.
"Yang mendistribusikan dana hibah tersebut adalah Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Untuk per orang petani diberikan dana Rp 30 juta per hektar," ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, petani yang berhak mendapatkan program replanting itu memiliki areal perkebunan yang usia kelapa sawitnya lebih dari 25 tahun, atau tanaman kelapa sawit berumur 2 tahun namun tidak produktif.
"Maksimal luas kebun per petani yang dimaksud 4 hektar. Kemudian kebun para petani yang tergabung di Poktan itu, dalam 1 hamparannya tidak lebih dari 50 hektar," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: